Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Sukses Permalukan Kuwait di Laga Perdana Kualifikasi Piala Asia



Timnas Indonesia Sukses Permalukan Kuwait di Laga Perdana Kualifikasi Piala Asia
Selebrasi skuad usai menjebol gawang Timnas Kuwait dalam

NOBARTV NEWS – Secara mengejutkan, Timnas Indonesia sukses mengalahkan tuan rumah Kuwait 1 – 2 dalam laga perdana grup A, Kualifikasi Piala Asia 2023. Dua gol Timnas Indonesia berhasil dicetak Marc Anthony Klok dan Rachmat Irianto.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia mengemas tiga poin sempurna. Namun anak asuh Shin Tae-Yong itu harus puas berada di peringkat kedua klasemen sementara. Hal ini dikarenakan Yordania menang dua gol tanpa balas atas Nepal.

Selisih gol menjadikan Yordania untuk sementara berada di posisi pertama.

Di pertemuan selanjutnya, Timnas Indonesia dan Yordania akan bertemu dalam laga kedua grup A. Siapapun pemenang dalam laga tersebut akan mengokohkan dirinya di puncak klasemen. Namun jika mereka bermain imbang, maka peringkat yang ditempati tidak akan berubah.

Jalannya pertandingan babak pertama

Dalam laga kontra Kuwait semalam, Shin Tae-Yong menurunkan 3 bek tengah sekaligus. Mereka adalah Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, dan Elkan Baggott.

Shin Tae-Yong juga memainkan Pratama Arhan dalam laga tersebut. Sedangkan di posisi kiper, Nadeo Argawinata kembali bermain sebagai kiper utama.

Menariknya, Shin Tae-Yong kembali memasangkan trio Persib Bandungnya, Rachmat Irianto, Marc Anthony Klok, dan Ricky Kambuaya. Sedangkan di posisi depan ada Irfan Jaya, Saddil Ramdani, dan Stefano Lilipaly.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Dalam laga ini, jual beri serangan terjadi. Nadeo Argawinata beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang. Timnas Indonesia pun bukannya tanpa perlawanan. Beberapa kali skuad Garuda melepaskan tembakan – yang sayangnya belum menemui sasaran.

Menjelang menit ke-40, tuan rumah berhasil unggul terlebih dahulu. Yousef Alsulaiman sukses mencetak gol lewat sundulannya setelah memanfaatkan umpan sang kapten.

Usai gol tersebut, Shin Tae-Yong tampak kesal lalu membanting salah satu benda di tangannya.

Keunggulan Kuwait tidak bertahan lama. Bermula dari umpan lambung, Rachmat Irianto terlepas dari perangkap offside. Pemain anyar Persib Bandung itupun mencoba untuk mencungkil bola melewati kiper. Sayang, sang kiper justru menghantam tubuh Irianto. Irianto tampak terkapar, beberapa saat kemudian sang pengadil lapangan menunjuk titik putih.

Bertindak sebagai algojo, Marc Klok sukses menyamakan kedudukan. Pemain naturalisasi milik Persib Bandung itu berhasil memperdayai sang kiper. Skor 1 – 1 mengakhiri babak pertama.

Jalannya pertandingan babak kedua

Babak kedua baru berjalan 5 menit, publik tuan rumah terdiam oleh gol Rachmat Irianto. Irianto berhasil menceploskan bola setelah terjadinya kemelut di depan gawang Kuwait. Sepakan kaki kiri Witan Sulaeman yang berhasil ditahan bek Kuwait membuat bola bergulir ke arah Irianto. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, Irianto berhasil membalikkan keadaan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Usai gol Irianto tersebut, Timnas Indonesia tidak mengendurkan serangan. Shin Tae-Yong tetap meminta anak asuhnya memberikan perlawanan meski sudah unggul satu gol.

Begitu pula dengan tuan rumah. Tidak ingin dipermalukan di hadapan pendukung sendiri, Kuwait mencoba mencari gol penyeimbang.

Tepat pada menit ke-48, Timnas Kuwait mendapatkan peluang yang sangat baik. Sang kapten melepaskan tembakan dari luar kotak penalti – yang untungnya hanya melebar tipis di sisi kanan gawang Nadeo Argawinata.

Dua menit berselang Kuwait hampir menyamakan kedudukan. Untungnya, gol tersebut dianulir wasit karena terindikasi off-side.

Beberapa kali Timnas Indonesia juga mengancam gawang Kuwait lewat para pemainnya. Salah satunya adalah sepakan Saddil Ramdani pada menit ke-52 yang masih bisa diselamatkan oleh pemain belakang Kuwait.

Witan hampir saja menambah keunggulan Indonesia pada menit ke-80. Mendapatkan umpan terobosan yang amat cantik, pemain Lechia Gdansk itu lepas dari perangkap offside. Namun sayang, sepakan Witan masih melebar di sisi kanan gawang Kuwait.

Hingga peluit babak kedua berakhir, gol Rachmat Irianto menjadi gol terakhir dalam laga tersebut. Timnas Indonesia sukses mempertahankan keunggulan. Dengan hasil tersebut, anak asuh Shin Tae-Yong itu berhak mendapatkan 3 poin.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid