Timnas Indonesia

Drawing Piala Asia U-23 2024: Indonesia Satu Grup dengan Tuan Rumah Qatar!



NOBARTV NEWS – Drawing 2024 akhirnya digelar. Dalam drawing tersebut, resmi tergabung dalam grup A bersama tuan rumah Qatar.

Seperti yang diketahui, pada Kamis kemarin (23/11), AFC akhirnya melakukan drawing untuk ajang Piala Asia U-23 2024. Piala Asia U-23 tahun depan merupakan edisi yang ke-enam sejak pertama kali digelar pada tahun 2013 lalu.

Sejak pertama kali digelar hingga edisi kelima kemarin, belum ada tim yang pernah menjuarai even tersebut sebanyak dua kali. Masing-masing, di setiap edisi, terdapat lima juara berbeda yakni Irak (2013), Jepang (2016), Uzbekistan (2018), Korea Selatan (2020), dan Arab Saudi (2022).

Menariknya, untuk ajang di tahun depan ini, skuad Garuda menjadi satu-satunya tim debutan di antara 16 kontestan lainnya. Ya, tak salah dengar lagi. Skuad Garuda dalam lima edisi sebelumnya tak pernah sekalipun mentas di even tersebut. Barulah, pada edisi ke-enam ini, mereka akhirnya dipastikan tampil dalam kejuaraan antar tim se-Asia itu.

Kepastian skuad Garuda muda tampil di Piala Asia U-23 2024 adalah karena di Kualifikasi Piala Asia U-23 kemarin, mereka mengunci posisi puncak klasemen grup K. Tergabung dengan Timnas Turkmenistan U-23 dan Timnas China Taipei U-23, anak asuh Shin Tae-yong itu sukses melumat lawan-lawannya. Alhasil, mereka finis sebagai juara grup dan berhak tampil untuk pertama kalinya.

Oleh karenanya, pengalaman skuad Garuda untuk tampil pertama kali di even tersebut jelas adalah sesuatu hal yang tak boleh disia-siakan. Kendati berada di grup yang cukup sulit, Timnas Indonesia U-23 wajib memberikan kejutan dalam ajang tersebut. Ya, pada Kamis kemarin, AFC akhirnya melakukan drawing Piala Asia U-23 2024. Dalam kesempatan tersebut, Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam pot 4 alias kumpulan tim yang tak diunggulkan.

Drawing Piala Asia U-23 2024: Indonesia Satu Grup dengan Tuan Rumah Qatar!
Ivar Jenner membuat gol di laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 beberapa waktu lalu

Dalam ajang yang digelar pada 15 April hingga 3 Mei 2024 itu, Ivar Jenner dkk dipastikan tergabung dalam grup A bersama tuan rumah Qatar. Selain itu, adapula Timnas Australia U-23 dan satu tim asal timur tengah yakni Yordania U-23.

Sementara itu, tim asal Asia Tenggara lainnya seperti Timnas Malaysia dan Vietnam berada di satu grup yang sama yakni D. Adapun Timnas Thailand U-23, skuad berjuluk Gajah Perang itu tergabung dalam grup C.

Berikut hasil lengkap drawing Piala Asia U-23 2024:

Grup A

Qatar (Tuan Rumah)

Australia

Yordania

Indonesia

Grup B

Jepang

Korea Selatan

Uni Emirat Arab

China

Grup C

Arab Saudi

Irak

Thailand

Tajikistan

Grup D

Uzbekistan

Vietnam

Kuwait

Malaysia


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid