Timnas Indonesia

50 Pemain Sudah Didaftarkan untuk SEA Games 2023



NOBARTV NEWS – Meski pemusatan latihan untuk U-22 belum selesai, namun Indra Sjafri sudah mendaftarkan 50 pemainnya untuk SEA Games 2023.

Seperti yang diketahui, skuad asuhan Indra Sjafri yakni Timnas U-22 sedang melakukan pemusatan latihan terpusat di Jakarta. Pemusatan latihan tersebut sudah memasuki gelombang kedua.

Dalam pemusatan latihan gelombang pertama sejak 1 Maret kemarin, Indra telah mengikutsertakan 34 pemain yang dimayoritasi oleh punggawa Liga 2. Dan ketika pemusatan tahap pertama itu rampung, Indra resmi mencoret 17 nama. Sisanya yakni 17 orang lainnya diminta untuk mengikuti pemusatan latihan tahap kedua. 17 nama yang diminta lanjut tersebut kini berjumlah 34 pemain lagi karena Indra kembali memasukkan 17 pemain baru.

“Jadi, kemarin kami sudah pulangkan 17 pemain. Panggil 17 lagi, masih dari pemain-pemain Liga 2 dan ada dari Persebaya,” kata Indra di sela pemusatan latihan Timnas U-22 kemarin.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Jadi gabungan dan saya melihat mereka punya potensi besar,” tambah eks pelatih Bali United itu.

Rencananya, pemusatan latihan gelombang kedua tersebut akan berakhir pada 16 Maret mendatang. Sementara itu, untuk pemain yang tampil reguler bersama klubnya seperti Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman, hingga Rizky Ridho, mereka diminta untuk mengikuti TC tersebut pada awal April mendatang. Karena pada tanggal 29 April nanti, skuad Garuda Indonesia akan memulai partai perdananya di even SEA Games 2023.

Akan tetapi, sebelum tampil di ajang multi olahraga se-Asia Tenggara itu, skuad asuhan Shin Tae-yong akan melakoni setidaknya tiga laga uji coba. Setelah itu, barulah dipilih 20 pemain terbaik yang akan didaftarkan di ajang tersebut.

Namun menariknya, sang pelatih Indra Sjafri mengaku sudah mendaftarkan 50 nama dalam skuadnya jelang SEA Games 2023. 50 nama itu didaftarkan lewat Komite Olahraga Indonesia (KOI).

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Meski sudah mendaftarkan 50 pemainnya, namun pada 13 April 2023, Indra memiliki kesempatan untuk mengevaluasi mereka. Jadi, bukan berarti 50 pemain tersebut ikut ke SEA Games nanti. Pada tanggal tersebut juga, Indra akan memilih 20 pemain terbaiknya.

“Sudah kami daftarkan 50 pemain dan nanti dievaluasi lagi. Tanggal 13 April boleh dievaluasi lagi,” terang Indra Sjafri.

“Pada tanggal itu nanti kami akan evaluasi,” ujarnya menutupi.

Adapun terkait target yang diusungnya, Indra yakin bahwa dirinya mampu membawa skuad Garuda Indonesia finis sebagai juara. Pasalnya, di edisi terakhir SEA Games di mana ia menjadi pelatihnya (SEA Games 2019 Filipina), Timnas Indonesia hampir menjadi juara. Sayang, di partai final mereka takluk dari Timnas Vietnam.

Terakhir kali skuad Garuda Indonesia menjuarai cabor sepak bola putra di SEA Games terjadi pada tahun 1991 lalu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments