Timnas Indonesia

Piala Toulon 2022 : Indonesia U-19 Sukses Tundukkan Timnas Ghana 1 – 0



Piala Toulon 2022 : Indonesia U-19 Sukses Tundukkan Timnas Ghana 1 - 0
Selebrasi gol U-19

NOBARTV NEWS – Timnas Indonesia U-19 akhirnya memetik kemenangan perdananya di Piala Toulon 2022. Ronaldo Kwateh dkk sukses mengalahkan Timnas Ghana U-19 dengan skor tipis 1 – 0 .

Kemenangan ini begitu bersejarah bagi Garuda muda. Pasalnya, untuk pertama kalinya setelah dua kali berpartisipasi di Piala Toulon, Timnas Indonesia akhirnya merengkuh kemenangan pertamanya.

Dengan kemenangan tersebut, Timnas Indonesia U-19 kini mengoleksi 3 poin. Sedangkan Ghana U-19 semakin terperosok di dasar klasemen grup B karena telah menelan kekalahan sebanyak dua kali. Pertama kalah dari Timnas Meksiko U-19 dengan skor akhir 1 – 0. Kedua dari Timnas Indonesia U-19 dengan skor yang serupa.

Perjudian Coach Dzenan Radoncic untuk menggunakan strategi yang sama dengan pertandingan sebelumnya akhirnya berbuah manis. Sebelum laga ini berlangsung, Dzenan Radoncic mengaku akan menerapkan strategi yang sama dengan pertandingan sebelumnya (vs Timnas Venezuela U-19).

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Saat Anda bertemu tim kuat seperti Ghana, dengan pemainnya yang tinggi dan fisik yang kuat, saya berharap anak-anak bisa tetap memainkan bola bawah,” ujar Dzenan Radoncic sebelum laga tersebut.

“Itu juga yang kita mainkan sebelumnya (melawan Venezuela). Saya pikir akan sama saat lawan Ghana,” sambungnya.

Adapun satu-satunya gol yang bersarang ke gawang Timnas Ghana U-19 berhasil dicetak lewat kaki kiri Raka Cahyana pada menit ke-58.
Hasil ini sangat positif untuk Timnas Indonesia U-19. Meski menang dengan skor tipis 1 – 0, namun dari sisi pertahan, lini belakang Timnas Indonesia semakin solid. Usai gol Cahyana tadi, Timnas Ghana U-19 bertubi-tubi melancarkan serangannya kepada lini bertahan Timnas Indonesia U-19.

Beruntungnya, Timnas Indonesia U-19 memiliki lini bertahan yang cukup baik – meski tidak menutup mata jika mereka juga beberapa kali melakukan kesalahan.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Namun jika membandingkan pertandingan Timnas Indonesia U-19 sekarang dengan mereka ketika berhadapan dengan Timnas Korea Selatan U-19 beberapa waktu lalu, terdapat perubahan yang sangat mencolok.

Dua bulan lalu, ketika Ronaldo Kwateh dkk melawan Timnas Korea Selatan U-19, mereka diporakporandakan dengan skor akhir 12 – 1 dari dua kali pertandingan. Kini, melawan tim dengan postur dan fisik yang jauh lebih diunggulkan, Ronaldo Kwateh dkk justru menang. Sebuah perubahan yang cukup besar untuk ukuran pemain muda.

Usai laga melawan Timnas Ghana U-19, Garuda muda akan kembali menantang Timnas Meksiko U-19 di partai akhir grup B. Semoga di laga nanti Timnas Indonesia berhasil mengemas kemenangan – sehingga peluang mereka untuk tembus ke babak selanjutnya kian terbuka lebar.

 

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid