Intermezzo

3 Klub Raksasa Indonesia Dukung Erick Thohir Lakukan Audit untuk PSSI dan LIB



NOBARTV NEWS – Beberapa waktu lalu, Erick Thohir menyebut akan menggandeng Ernst Young sebagai auditor untuk masalah keuangan PSSI dan PT LIB. Langkah yang diambil Erick tersebut mendapatkan dukungan dari tiga klub raksasa tanah air.

Seperti yang diketahui, di penghujung Liga 1 musim 2022-2023 kemarin, PSM Makassar selaku juara sempat terancam tidak mendapatkan hadiah sepeserpun dari prestasi yang mereka raih itu. PT LIB mengkalim kalau PSM dan 17 tim lainnya memang sudah sepakat untuk meniadakan hadiah untuk juara Liga 1 sejak beberapa musim yang lalu. Oleh sebab itu, PSM Makassar pun tidak mendapatkan hadiah tersebut. Daripada mendapatkan hadiah berupa uang tunai, seluruh klub sepakat untuk diberikan subsidi uang permusimnya dari pihak penyelenggara.

Akan tetapi, kondisi tersebut justru menjadi perhatian dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Erick yang baru mengetahui prosedur tersebut mengambil sikap dengan tegas. Ia dan PSSI tetap mengganjar PSM Makassar dengan hadiah uang tunai sebesar 2 miliar rupiah.

Untuk ke depannya, Erick tidak ingin tahu – tepatnya akan menyerahkan semua tetek bengek mengenai hadiah dan lain sebagainya itu kepada penyelenggara. Serta sebagai respons dari kejadian ini, Erick Thohir telah menggandeng Ernst Young sebagai auditor keuangan untuk PSSI dan juga PT LIB.

“Bermula dari peristiwa kemarin, ketika ada ketidakkonsistensi dalam pemberian hadiah juara liga, lalu ditengarai ada juga ketidakjelasan dalam manajemen keuangan di PSSI, saya langsung tanda tangan MoU dengan pihak Ernst & Young Indonesia untuk mengadakan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI. Hal ini dilakukan sebagai bagian utama dalam bersih-bersih, baik PSSI maupun di Liga,” jelas Erick Thohir pada Jumat kemarin.

Dan ternyata, langkah Erick Thohir ini mendapatkan respons positif dari tiga klub raksasa Indonesia. Mereka mendukung penuh keinginan Erick tersebut untuk melakukan audit sebelum kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 dimulai. Tiga klub yang dimaksud adalah Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, dan PSM Makassar.

“Seluruh pelaku dan pecinta sepak bola nasional tentu menginginkan pengelolaan keuangan di tubuh PSSI semakin baik,” kata Presiden Persija Mohamad Prapanca.

“Saat ini Pak Erick Thohir mengambil langkah untuk menggandeng firma audit, tentu itu harus didukung. Pada intinya saya mewakili Persija sangat berharap sepak bola Indonesia makin profesional lagi di berbagai aspek,” ujarnya menambahkan.

“Kami ingin sepak bola Indonesia menuju profisionalisme baru untuk mengawali industri sepak bola ke depannya,” ujarnya menutupi.

Sementara itu, Direktur Utama Persebaya Surabaya Azrul Ananda mengatakan audit di tubuh PSSI dan LIB merupakan jawaban dari tanda besar selama ini.

“Permasalahan keuangan di PSSI dan PT LIB selama ini menjadi keluhan berkepanjangan yang tidak kunjung ada jawabannya,” kata Azrul.

“Audit forensik yang ditegaskan Bang Erick kami rasa akan menjadi jawaban dari tanda tanya besar yang ada selama ini,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Direktur Utama PSM Makassar Sadikin Aksa berharap audit tersebut bisa menjadi jawaban dari permasalahan keuangan di PSSI dan LIB – yang selalu menjadi keluhan sampai sekarang ini.

“Tidak hanya mendukung, PSM Makassar mengajak pihak lain untuk mendukung kebijakan Pak Ketum Erick Thohir,” kata Sadikin Aksa.

“Dengan audit dilakukan, kita berharap akan terjawab mengapa permasalahan keuangan di PSSI dan PT LIB selalu menjadi keluhan,” katanya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid