Timnas Indonesia

CEO PSIS Semarang Kepincut Shayne Pattynama: Kalau Punya Dana Cukup, Klub Saya Ingin Mengontrak!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – CEO PSIS Semarang sekaligus anggota DPR RI Komisi X Yoyok Sukawi mendapatkan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya dalam rapat kerja bersama PSSI dan Menpora RI kemarin. Dalam rapat yang membahas proses naturalisasi Shayne Pattynama itu, Yoyok menyebut sangat membutuhkan Pattynama. Bahkan, jika PSIS mampu, ia akan mendatangkan bek Viking FK itu.

Diketahui, saat ini Shayne Pattynama tengah membela klub kasta tertinggi Viking FK. Bek kiri kelahiran 11 Agustus 1998 itu membela Viking sejak 1 April 2021 lalu. Selain membela Viking, Pattynama tercatat pernah bermain untuk klub Belanda Telstar FC dan tim muda FC Utrecht.

Pengalaman yang cukup banyak itu membuat PSSI serta Shin Tae-yong kepincut untuk mendatangkannya. Maka, ia pun akhirnya resmi menyusul dua calon punggawa Timnas Indonesia lainnya yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Sebagai anggota Komisi X dan juga pemilik klub PSIS Semarang, Yoyok tahu betul bagaimana kualitas seorang Shayne Pattynama. Karena kualitas yang sudah diakuinya itu, Yoyok mengaku siap mendatangkannya ke PSIS Semarang. Hanya saja, karena masalah finansial, hal itu tidak mungkin untuk bisa ia lakukan.

Yoyok memuji pemain 24 tahun itu dengan bangga. Selain bertalenta, Yoyok mengatakan bahwa Pattynama adalah bek yang bagus, berusia muda, dan ganteng.

“Menurut pengamatan saya, Shayne Pattynama merupakan pemain muda bertalenta. Kalau punya dana cukup, klub saya, PSIS Semarang pun ingin mengontrak,” ujar Yoyok Sukawi.

“Saya sangat mendukung Shayne, nampaknya pilihan pelatih tidak salah. Ini memenuhi banyak kriteria, teknik yang bagus, umur muda, wajahnya ganteng, jadi tidak salah. Luar biasa,” ujarnya menambahkan.

Kata Yoyok, DPR RI Komisi X akan selalu mendukung segala bentuk langkah yang dilakukan Kemenpora dan PSSI demi memajukan olahraga Indonesia. Dalam hal ini, naturalisasi adalah salah satu cara memajukan olahraga Indonesia lewat cabang sepak bola.

“Kami mendukung program Kemenpora dan PSSI untuk meningkatkan prestasi sepak bola di jalur timnas. Saya harap Komisi X juga mendukung dan memberikan perlindungan kepada penggiat sepak bola di Tanah Air.”

Dan pada akhirnya, rapat antara DPR RI Komisi X, Menpora, dan PSSI tersebut menyimpulkan bahwa mereka sepakat untuk memberikan kewarganegaraan baru kepada Shayne Pattynama. Diharapkan, proses naturalisasi Pattynama tidak memilki kendala berarti sehingga dirinya bisa membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nanti.

“Memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama, dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutup pimpinan sidang Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian kemarin.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments