BRI Liga 1IntermezzoTimnas Indonesia

Cegah Intervensi Berbagai Pihak, Erick Thohir Akan Pimpin Komite Wasit PSSI

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Bertindak sebagai Ketua Umum, Erick Thohir juga akan menjabat sebagai Komite Wasit PSSI. Hal tersebut dilakukan Erick demi mencegah intervensi dari berbagai pihak.

Seperti yang diketahui, sejak dilakukannya Kongres Luar Biasa Pebruari lalu, jabatan-jabatan Exco PSSI belum ditentukan sampai saat ini. Belum ada Komite Disiplin, Komite Banding, Komite Wasit, hingga Komite Etik.

Jabatan-jabatan tersebut akan diisi oleh anggota Exco PSSI yang terpilih dan memiliki ketua, wakil, beserta anggota. Akan tetapi, untuk kepengurusan PSSI periode 2023-2027, kepengurusan seperti yang disebutkan sebelumnya belum ditentukan. Padahal, sebanyak 12 anggota Exco sudah terpilih lewat KLB PSSI Pebruari lalu. Mereka adalah Eko Setiawan, Endri Erawan, Juni Rahman, Muhammad, Rudi Yulianto, Sumardji, Vivin Cahyani, Pieter Tanuri, Arya Mahendra, Khairul Anwar, Ahmad Riyadh, dan Hasnuryadi.

Alhasil, untuk pertanggungjawaban terkait Komite Wasit, Komite Disiplin, hingga Komite Etik masih dipegang secara bersama-sama dari pimpinan tertinggi seperti Ketua Umum PSSI hingga ke-12 anggota Exco PSSI. Tapi beruntungnya, pada Rabu 5 Juli kemarin, Erick Thohir selaku Ketua Umum telah memilih satu posisi krusial dalam jabatannya tersebut.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Jabatan tersebut adalah sebagai Ketua Komite Wasit PSSI. Menariknya, Erick memilih dirinya sendiri sebagai pimpinan untuk menjabat posisi tersebut. Hal itu dilakukan Erick demi menghindari intervensi dari berbagai pihak.

“Komite Wasit itu dipimpin saya sendiri, supaya tidak ada intervensi. Nanti komite lain yang akan diumumkan kita lagi bicara satu dan lainnya,” kata Erick Thohir kepada wartawan Rabu (05/07) kemarin.

Erick mengaku tak segan-segan akan menghukum siapapun dia yang dengan nyata terbukti mengganggu keberlangsungan kompetisi dalam negeri – termasuk jika seseorang tersebut kedapatan melakukan intervensi dalam sepakbola Indonesia.

“Jadi Komite Wasit saya pimpin sendiri. Kalau ada yang aneh-aneh ‘kan bisa dihukum seumur hidup langsung. Karena memang komitmennya seperti itu,” ujarnya menambahkan.

“Ketika saya bertemu pak Kapolri, ada dua proseskan. Kalau di pihak kepolisiannya berbeda. Kalau di PSSI dihukum seumur hidup untuk wasit, pemain-pemain, pengurus maupun pemilik (klub).”

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Adapun terkait komite lainnya seperti Komdis, Erick akan mengumumkannya pada Kamis hari ini atau Jumat esok.

“Komite disiplin Insya Allah bisa diumumkan Kamis atau Jumat ini. Karena seleksi figur-figur kan gak mudah. Nanti pun ketika diumumkan ada yang setuju ada yang tidak. Makanya nanti Komdis ini yang tahap awal saya akan bicara dari hati ke hati satu per satu,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid