Timnas Indonesia

Sudah Lapor FIFA, Iwan Bule Harap Sandy Walsh & Jordi Amat Bisa Main di Piala AFF 2022

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kemarin, Sandy Walsh dan Jordi Amat resmi dikukuhkan sebagai WNI. Namun ada satu syarat lagi yang harus dipenuhi agar keduanya bisa turun membela . Syarat tersebut adalah persetujuan dari FIFA atas perpindahan federasi ke-duanya. PSSI mengatakan pihaknya telah melaporkan hal itu kepadanya federasi sepakbola tertinggi di dunia itu.

Proses naturalisasi yang dilalui keduanya tidaklah sebentar. Butuh waktu berbulan-bulan lamanya bagi kedua pemain keturunan ini untuk mendapatkan hak kewarganegaraannya sebagai WNI. Bahkan bagi Sandy Walsh sendiri, bek sayap KV Mechelen ini telah memberi kode ketertarikannya untuk membela Timnas Indonesia lebih dari lima tahun yang lalu. Namun di tahun ini, ia dan Jordi akhirnya resmi menjadi WNI. Resminya kedua pemain keturunan ini menjadi WNI sekaligus menjadi kado terindah menjelang lengsernya Mochamad Iriawan dari kursi kepemimpinan PSSI.

Namun, tugas Iriawan belum selesai sampai di sini. Ia harus mengajukan perpindahan federasi kedua pemain tersebut. Diketahui, Sandy sebelumnya terdaftar dalam federasi sepak bola Belanda atau KNVB. Sedangkan Jordi, pemain Johor Darul Takzim ini tercatat berada dalam naungan Federasi Sepak Bola Spanyol atau RFEF. Kedua federasi tersebut akan berpindah ke PSSI.

Baca Juga:  Deretan Wasit di Laga Indonesia vs Yordania

“Nantinya juga kami mengirim surat ke FIFA soal perpindahan federasi dari Spanyol dan Belanda ke PSSI. Mohon doanya dari teman-teman agar proses ini cepat selesai sehingga bisa memperkuat Timnas kita di AFF. Namun bersabar karena prosesnya harus dilalui,” ujar Mochamad Iriawan kemarin.

Meski belum mendapatkan balasan dari FIFA, namun Iriawan menjamin bahwa nama keduanya sudah masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia di 2022. Kata Iriawan, dimasukkannya nama Jordi dan Sandy tak lepas dari permintaan Shin Tae-yong.

“Insya Allah. Kalau ke daftar pemain Timnas [ke Piala AFF 2022] sudah dimasukkan, nanti kalau main kan harus ada izin. Tapi kalau namanya [Sandy dan Jordi] sudah dimasukkan oleh Shin Tae Yong,” kata purnawirawan Polri bintang tiga itu.

Sama seperti ratusan juta rakyat Indonesia, Mochamad Iriawan juga berharap agar kedua pemain ini sudah bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

Sepanjang sejarahnya, PSSI telah menaturalisasi 37 pemain termasuk Sandy dan Jordi. Alasan utama naturalisasi dari sebelumnya dan saat ini tetap sama yaitu menambah kualitas permainan sepak bola khususnya Timnas Indonesia. Sandy Walsh dan Jordi Amat sendiri dinaturalisasi sebab dalam waktu dekat ini, skuad Garuda Indonesia akan bermain dalam even Piala Asia 2023.

Selain Sandy dan Jordi, satu pemain lainnya yang juga tengah diurus menjadi WNI adalah Shayne Pattynama. Hanya saja, proses naturalisasi Pattynama masih dalam pembahasan DPR RI sehingga dirinya dipastikan tidak mungkin untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 ini.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

7 Comments