Timnas Indonesia

Resmi, PSSI Tunjuk Stadion Manahan Solo sebagai Venue Kualifikasi Piala Asia U-23



NOBARTV NEWS – PSSI resmi menunjuk Stadion Manahan Solo sebagai venue Kualifikasi 2024.

Seperti yang diketahui, dalam waktu dekat ini, skuad U-23 akan bermain dalam beberapa even penting. Pada tahun ini saja, anak asuh Indra Sjafri itu akan bermain dalam tiga even berbeda.

Pertama, Ernando Ari dkk akan bermain di U-23 di Thailand. Setelahnya, mereka akan kembali bermain dalam ajang Asian Games 2022 (dilaksanakan tahun 2023) di China. Terakhir, mereka akan kembali mengikuti even paling penting di antara tiga ajang tersebut yakni Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 tersebut, AFC resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah. Jadi, dalam drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 kemarin, skuad Garuda tergabung di pot tuan rumah bersama beberapa tim lainnya. Usai drawing tersebut dilakukan, skuad asuhan Indra Sjafri itu resmi tergabung di grup K bersama dua tim lainnya. Dua tim yang dimaksud adalah Timnas Turkmenistan dan China Taipei.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Menariknya, dari 11 grup A sampai K, hanya grup K yang berisikan 3 tim. Selain itu, dari grup A sampai J dihuni masing-masing empat tim. Dan dalam babak kualifikasi ini, tim yang finis di peringkat pertama otomatis lolos ke putaran final Piala Asia U-23. Jadi, ada 11 tim juara grup ditemani oleh beberapa runner-up (4 tim) terbaik dan satu tuan rumah yakni Timnas Qatar.

Babak kualifikasi ini rencananya akan digelar pada 4 sampai 12 September 2023 dengan mempertemukan 45 tim. Adapun untuk tuan rumah tadi, PSSI resmi menunjuk Stadion Manahan Solo sebagai venue-nya. Jadi, seluruh laga yang mempertemukan Indonesia, Turkmenistan, dan China Taipei akan dimainkan di stadion yang terletak di Provinsi Jawa Tengah itu.

Dalam keterangannya kemarin, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut Manahan sebagai stadion yang sudah sangat siap dan terawat. Bahkan, tidak sekadar itu saja, stadion yang dijadikan markas untuk klub Liga 1 Persis Solo itu memiliki fasilitas media yang lengkap. Terutama, AFC sudah mengecek dan meloloskan stadion tersebut sebagai venue untuk pertandingan kualifikasi nanti.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Bicara stadion, Manahan saya nilai sudah sangat siap dan terawat. Fasilitas media juga sudah siap. Sudah disetujui AFC dan telah lulus saat diinspeksi FIFA. Begitu pula suporter Persis yang tidak cuma banyak, juga pasti siap mendukung timnas,” kata Erick Thohir.

Lebih lanjut, Erick berharap kepercayaan yang diberikan AFC kepada stadion tersebut dijaga dengan baik. Hal itu demi terhindar dari persepsi negatif terhadap sepakbola Indonesia.

“Tolong dijaga kepercayaan dari AFC kepada kita, sehingga tidak ada lagi persepsi negatif terhadap sepak bola Indonesia,” tutup pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment