Timnas Indonesia

Minim Menit Bermain di Cheltenham Town, Elkan Baggott Tak Diijinkan Bela Indonesia di SEA Games 2023



NOBARTV NEWS – Sebelumnya, Indra Sjafri menargetkan untuk membawa empat pemain abroadnya ke SEA Games 2023. Namun sayangnya, satu pemain yakni Elkan Baggott tak mendapatkan izin untuk meninggalkan klubnya.

Seperti yang diketahui, pada Jumat 21 April kemarin, PSSI resmi mengumumkan 20 pemain untuk SEA Games 2023. Dalam daftar pemain tersebut, hanya ada dua pemain abroad yang terdaftar. Keduanya adalah Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan.

Diketahui, Pratama Arhan saat ini membela klub kasta kedua Tokyo Verdy. Adapun Marselino Ferdinan, sejak akhir Januari lalu, eks pemain Persebaya Surabaya ini berstatus sebagai punggawa klub kasta kedua KMSK Deinze.

Kedua pemain tersebut terpilih tanpa mengikuti pemusatan latihan. Jadi, keduanya sudah didaftarkan PSSI meskipun tidak mengikuti pemusatan latihan yang sudah berjalan sejak 1 Maret 2023 kemarin.

Namun sayangnya, hanya kedua pemain tersebut yang berstatus sebagai pemain abroad di skuad Timnas Indonesia untuk SEA Games 2023 ini. Sebelumnya, ada nama Ronaldo Kwateh yang ikut dalam pemusatan latihan. Namun sayangnya, yang bersangkutan mengalami cidera ketika uji coba Timnas Indonesia melawan Lebanon U-22 beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Jadi, sebelum tanding di SEA Games 2023, skuad asuhan Indra Sjafri itu melakukan empat kali uji coba. Uji coba pertama melawan tim Liga 1 Bhayangkara FC, uji coba kedua dan ketiga melawan Timnas Lebanon U-22, serta di uji coba keempat mereka melakukannya dengan internal game sesama pemain Timnas U-22.

Adapun atas cideranya (Ronaldo Kwateh) sang pemain, ia pun harus mengurungkan niatnya untuk tampil di even tersebut. Di edisi sebelumnya (SEA Games 2021), Ronaldo merupakan salah satu punggawa Timnas Indonesia.

Pemain abroad lainnya yang diharapkan tampil namun terkendala karena izin klubnya adalah Elkan Baggott. Pemain muda Cheltenham Town itu tak mendapatkan restu untuk meninggalkan klubnya. Padahal, di klub berjuluk The Robins itu, Elkan tak menjadi pilihan utama sang pelatih Wade Elliott.

Namun seperti yang diketahui, karena SEA Games bukan termasuk ajang resmi FIFA, jadi klub bebas untuk menahan atau melepas pemainnya.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Sebelumnya, ketika melakukan pemusatan latihan beberapa waktu lalu, Indra Sjafri pernah mengungkapkan keinginannya untuk membawa Elkan Baggott di kompetisi tersebut.

“Elkan Baggott kami prinsipnya kalau memang klub tidak berkenan, karena ini kan kita juga harus maklumi karena bukan agenda FIFA Matchday, iya kan? Tetapi kalau memang klubnya berkenan ya kenapa tidak kan?” kata Indra Sjafri.

“Sekarang pemain yang hadir yang kami pilih 20 (pemain) itu di sini ada 18 pemain. Tanggal 22 malam kalau gak salah atau sore Arhan akan sampai di Jakarta, dan tanggal 23 malam Marselino,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid