Timnas Indonesia

4 Pemain Abroad Ikuti Latihan Perdana Timnas Indonesia di Bali, Siapa Saja?



NOBARTV NEWS – Pemusatan latihan jelang 2022 di Bali sudah dimulai sejak 28 November kemarin. Dalam pemusatan latihan tersebut, terpantau 4 pemain abroad telah mengikuti latihan yang dipimpin langsung oleh Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong telah memanggil 28 pemain guna mengarungi Piala AFF 2022. Dari total 28 nama tersebut, 8 di antaranya merupakan pemain abroad.

Mereka adalah Witan Sulaeman (AS Trencin), Sandy Walsh (KV Mechelen), Egy Maulana Vikri (ViOn Zlate Moravce), Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners), Saddil Ramdani (Sabah FC), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Jordi Amat (Johor Darul Takzim), dan Elkan Baggott (Gillingham FC).

Dari daftar tersebut, kita bisa melihat Shin Tae-yong langsung memanggil para pemain naturalisasi yang baru saja resmi menjadi WNI. Mereka adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Dari sini, kita tahu bahwa Shin benar-benar matang dalam mempersiapkan skuadnya jelang tampil di even dua tahunan itu. Di edisi sebelumnya (Piala AFF 2020), Garuda Indonesia hanya finis di peringkat kedua usai takluk dari Timnas Thailand.

Adapun di pemusatan latihan kali ini, Shin Tae-yong tidak hanya mengandalkan para pemain abroad yang disebutkan tadi. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu juga mengandalkan tiga pemain muda dan beberapa pemain yang di edisi sebelumnya tidak tampil. Seperti Marselino Ferdinan, Muhammad Ferrari, dan Dzaky Asraf.

Ada pula pemain naturalisasi lainnya yakni Marc Klok yang untuk pertama kalinya akan tampil di Piala AFF. Di edisi sebelumnya, pemain Persib Bandung itu belum resmi menjadi WNI. Namun di kemarin, eks pemain PSM Makassar itu sudah dapat membela Timnas Indonesia.

Adapun terkait pemain abroad tadi, TC Timnas Indonesia baru diperkuat oleh empat pemain. Mereka adalah Asnawi Mangkualam Bahar, Pratama Arhan, dan Saddil Ramdani. Kebetulan, ketiga klub mereka sudah menyelesaikan seluruh pertandingannya di liga domestik masing-masing. Satu pemain abroad lainnya yang juga baru bergabung adalah Sandy Walsh. Setelah mendapatkan izin dari klubnya, Sandy langsung terbang ke Indonesia.

Adapun Elkan Baggott, kemungkinan ia baru bisa bergabung pada Januari nanti – ketika Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF. Sedangkan Witan dan Egy, duo sayap Indonesia di itu harus menunggu sampai pertandingan usai bersama klubnya masing-masing baru bisa pulang ke tanah air. Pemain naturalisasi lainnnya yakni Jordi Amat, besar kemungkinannya pemain JDT itu segera bergabung – karena ia baru saja menyelesaikan pertandingan uji coba melawan klub Jerman Borrusia Dortmund tadi malam.

Dengan kekuatan yang cukup menjanjikan ini, Timnas Indonesia diprediksi akan bisa merengkuh gelar sekaligus menjadikan Shin Tae-yong mempersembahkan trofi pertamanya selama menjabat sebagai pelatih kepala.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment