Intermezzo

10 Klub Liga 1 Isi Kuota ASEAN dengan Pemain Filipina, Siapa Saja?

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kuota pemain asal Asia Tenggara (ASEAN) di Liga 1 musim depan dimanfaatkan banyak tim untuk mendatangkan pemain dari negara tetangga. Namun sampai saat ini, mayoritas klub mendatangkan pemain asal Filipina saja. Klub apa itu? Dan siapa saja pemain yang didatangkannya?

Sebagaimana diketahui, Liga 1 musim 2023-2024 mendatang akan sedikit berbeda dari musim-musim sebelumnya. Untuk kuota pemain asing, PSSI telah memutuskan setiap tim diperbolehkan untuk mendaftarkan enam pemain asing yang salah satunya wajib berasal dari Asia Tenggara.

Tentu ada alasan di balik regulasi baru yang dibuat PSSI itu. Hal itu, kata Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali beberapa waktu lalu adalah agar Liga 1 ditonton oleh masyarakat luar negeri khususnya para negara tetangga.

“Nah, itu juga kenapa sekarang ini dari pemain, satu diwajibkan dari Asia Tenggara. Tujuannya, supaya masyarakat Asia Tenggara bisa menonton kompetisi kita,” kata Zainudin Amali.

“Jadi, bagi yang mendapatkan hak siar semakin bagus karena siarannya sampai di Asia Tenggara,” ujarnya memungkasi.

Selain regulasi terkait kuota pemain ASEAN itu, beberapa peraturan lain juga dibuat oleh PSSI. Misalnya seperti VAR (Asisten Wasit Video) yang akan diterapkan pada pertengahan Liga 1 musim depan. Lalu pembatasan gaji maksimum pemain. Adapula terkait diadakannya babak play off untuk menentukan juara Liga 1 bagi tim yang lolos di peringkat 1, 2, 3 dan 4 pada musim reguler.

Akan tetapi, sampai berita ini dimuat, untuk regulasi terkait kuota pemain asing asal Asia Tenggara tersebut, tak semua klub sudah mendatangkan pemainnya. Dari 18 kontestan Liga 1 musim 2023-2024, baru 14 tim yang dipastikan sudah merekrut pemain asal Asia Tenggara. Dan dari 14 tim tersebut, mayoritas klub lebih memilih untuk mendatangkan pemain asal Filipina.

Terdapat 10 pemain asal Filipina yang saat ini tercatat bermain untuk tim-tim di Liga 1. Sementara itu, sisanya yakni Madura United dan Persebaya sama-sama menggunakan pemain asal Singapura. Lalu Bali United merekrut pemain dari Thailand. Adapun PSIS Semarang mendatangkan pemain dari Timor Leste dan Borneo FC telah meresmikan pemain asal Myanmar.

Berikut Update Sementara Tim-tim yang Sudah Menggunakan Pemain Asal Asia Tenggara (ASEAN):

  1. Bali United (Elias Dolah – Thailand)

  2. Persebaya Surabaya (Song Ui Yong – Singapura)

  3. Madura United (Jakob Mahler – Singapura)

  4. Borneo FC (Win Naing Tun – Myanmar)

  5. PSIS Semarang (Gali Freitas – Timor-Leste)

  6. Barito Putera (Mike Ott dan Carlie de Murga – Filipina)

  7. Persib Bandung (Daisuke Sato – Filipina)

  8. Persik Kediri (Simen Lyngbo – Filipina)

  9. Persikabo 1973 (Kainoa Bailey – Filipina)

  10. Persis Solo (Diego Bardanca – Filipina)

  11. Persita Tangerang (Cristian Rontini – Filipina)

  12. PSM Makassar (Kike Linares – Filipina)

  13. PSS Sleman (Anthony Pinthus – Filipina)

  14. Rans Nusantara FC (Kenshiro Daniels – Filipina)

  15. Persija Jakarta (-)

  16. Arema FC (-)

  17. Bhayangkara FC (-)

  18. Dewa United (-)

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments