Timnas Indonesia

Hokky Caraka Pantang Minder Jelang Piala Asia U-20: Sama-sama Manusia, Kenapa Harus Takut!



NOBARTV NEWS – Striker Garuda muda Hokky Caraka pantang mundur sebelum berlaga. Ia mengaku tak minder sama sekali jelang laga perdana Piala Asia U-20 2023.

Sebagaimana diketahui, lusa, 1 Maret 2023, akan memulai partai perdananya di Piala Asia U-20 2023. Di laga perdana itu, anak asuh Shin Tae-yong itu akan menantang perlawanan Timnas Irak U-20. Beberapa hari berselang, mereka akan kembali diuji oleh Timnas Suriah U-20. Sedangkan di laga pamungkasnya di fase grup, Muhammad Ferrari dkk akan dijamu oleh tuan rumah Uzbekistan U-20.

Dari sisi postur, lawan-lawan Timnas Indonesia tersebut bisa dibilang jauh lebih baik. Namun tak ada yang bisa menjamin aspek tersebut membuat sebuah tim jauh lebih baik ketika bertanding. Sama halnya dengan apa yang dikatakan oleh Hokky Caraka.

Striker Garuda muda itu mengaku tak minder sama sekali jelang even tersebut. Bahkan, eks pemain Garuda Select itu pantang takut. Satu-satunya yang ia takutkan adalah masalah taktik. Sebab dengan taktik yang lebih baik, tentunya sebuah tim akan lebih dimudahkan ketika bertanding.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Kalau saya melihat lawan tidak begitu takut atau minder, karena sama-sama manusia juga, kenapa harus takut. Kita cuma takut masalah taktik saja sih,” kata Hokky Caraka.

Hokky mengaku termotivasi dengan status Indonesia yang nantinya akan menjadi tuan rumah 2023. Dengan status tersebut, Hokky merasa termotivasi untuk tampil baik di even sebelumnya yakni Piala Asia U-20 2023. Sebab lewat even ini pula, Shin Tae-yong akan menilai skuad yang pantas untuk dibawa ke Piala Dunia U-20 nanti. Maka daripada itu, Hokky berhasrat untuk menunjukkan kualitasnya.

“Kalau saya tetap termotivasi untuk menunjukkan bahwa Indonesia tuh bisa, walau kita Piala Dunia U-20 2023 karena status tuan rumah, tetap kita harus tunjukkan,” ujarnya menambahkan.

Senada dengan pemainnya, sang pelatih yakni Shin Tae-yong juga mendorong anak asuhnya untuk tetap tampil spartan. Ia mewanti-wanti kepada skuad Garuda muda agar tidak mengalah sebelum bertanding. Ia meminta Muhammad Ferrari dkk untuk bermental baja serta meminta mereka untuk berpikir kalau di pertandingan manapun ‘menang' adalah target utama.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Memang sering kali dibicarakan kepada pemain, jika kita ketemu lawan tim yang lebih kuat dari kita, kita pasti menyerah lebih dulu sebelum bertanding. Di dunia sepak bola kita tidak boleh punya mental seperti itu,” kata Shin Tae-yong.

“Seharusnya kita berpikir kita bisa menang dengan lebih banyak berlari daripada lawan. Kita masuk ke lapangan itu seharusnya berpikir kita bisa memenangi pertandingan dan kita akan ‘mati' dalam lapangan. Kita harus berpikir begitu saat kita bertanding,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments