Timnas Indonesia

Tiga Punggawa soal Uji Coba Skuad Garuda Tahun Depan: Rafael Harap Belanda, Elkan Inginkan Inggris



NOBARTV NEWS – Ketum PSSI membuka peluang bagi untuk kembali beruji coba dengan tim kuat di FIFA Matchday tahun depan. Punggawa skuad Garuda sendiri memiliki keinginan yang berbeda. Bek tengah Elkan Baggott berharap Timnas Indonesia jumpa Inggris sedangkan Rafael Struick ingin Belanda.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, PSSI melalui sang Ketua Umum Erick Thohir menyebut pihaknya sudah mengajukan surat resmi kepada tiga Federasi Sepakbola Eropa. Tiga federasi yang dikirimkan surat tersebut adalah Belanda, Jerman, dan Portugal. Surat tersebut berisikan tawaran uji coba melawan Timnas Indonesia yang kemungkinan besar akan digelar pada tahun depan.

Ya, setelah sukses mendatangkan Argentina beberapa waktu lalu, PSSI dan Timnas Indonesia ketagihan untuk kembali melawan tim-tim kuat. Selain itu, sang pelatih Shin Tae-yong juga berharap anak asuhnya kembali dihadapkan dengan tim sekelas La Albiceleste.

“Jujur saya sangat kaget (lawan Argentina), respon saya kaget. Karena pada era sebelumnya kita tidak pernah uji coba lawan tim sekuat Argentina,” kata Shin beberapa bulan lalu.

“Saya minta tolong kepada Erick Thohir, kalau nanti ada kesempatan seperti itu, minta tolong dicarikan lawan sekuat Argentina supaya sepak bola Indonesia tetap berkembang,” ucapnya lagi.

Kabar baiknya, seperti yang disebutkan di awal tadi, PSSI kini dipastikan sudah mengirimkan surat resmi tawaran uji coba itu. Berdasarkan keterangan yang kemudian disampaikan oleh Erick, salah satu federasi sepakbola Eropa itu sudah memberikan respons terkait tawaran dari Indonesia.

“Saya sudah kontak Portugal, Jerman, dan Belanda. Belanda sudah merespons,” kata Erick Thohir.

“Permasalahannya yang harus dipastikan adalah kalendernya. Sebab ada 2026 Zona Asia pada November 2023, Maret 2024, dan Juni 2024,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Sedangkan di Eropa, ada Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada bulan-bulan yang sama. Pada Juli 2024, ada Olimpiade Paris, Prancis. Ini kami sedang menyusul jadwalnya,” pungkasnya.

Namun menariknya, rencana uji coba melawan tim-tim kuat tersebut juga telah sampai ke telinga para punggawa Timnas Indonesia. Elkan Baggott, Rafael Struick, hingga Pratama Arhan mengungkapkan keinginannya masing-masing terkait lawan yang ingin dihadapinya.

Sebagai pemain yang bermain di klub Belanda ADO Den Haag, Rafael berharap di tahun depan skuad Garuda berjumpa dengan tim berjuluk The Flying Dutchmen itu.

“Menurut saya Belanda,” kata Rafael.

Adapun Arhan, bek sayap Tokyo Verdy itu berharap Timnas Indonesia bertemu dengan tim asal Amerika Latin Brasil. Kata Arhan, Brasil adalah tim yang memiliki level sama dengan Argentina.

“Tentu saja saya ingin bermain lagi melawan negara sekelas Argentina. Karena kami harus belajar banyak dari tim atau negara yang lebih tinggi dari Indonesia,” kata Arhan.

“Kalau boleh pilih, saya mau Brasil,” ucapnya lagi.

Sementara bagi Elkan Baggott, bek tengah yang menghabiskan karier sepakbolanya di Inggris ini juga mengungkapkan keinginan pribadinya. Bek tengah Ipswich Town tersebut berharap PSSI mempertemukan Timnas Indonesia dengan Timnas Inggris di FIFA Matchday tahun depan.

“Kalau saya pilih Inggris,” kata Elkan Baggott.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid