Timnas Indonesia

Media Vietnam Sebut Indonesia sebagai Semifinalis Paling Negatif di Piala AFF 2022

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Media Vietnam 24h.com.vn melontarkan sindiran kepada selaku semifinalis 2022. Media tersebut menyebut skuad Garuda sebagai tim paling paling negatif di antara kontestan lainnya.

Diketahui, di Piala AFF 2022 ini, ada empat tim yang sudah memastikan diri lolos dari fase grup. Mereka adalah juara grup A diikuti runner-upnya Timnas Thailand dan Indonesia. Lalu juara grup B beserta runner-upnya Timnas Vietnam dan Malaysia.

Ke-empat tim tersebut harus melewati empat pertandingan fase grup untuk lolos ke tempatnya (babak semifinal) saat ini. Akan tetapi, jalan yang mereka lalui hingga sampai ke tahap tersebut memang berbeda-beda. Malaysia harus melewati laga hidup mati melawan Singapura untuk memastikan diri lolos ke semifinal. Sementara itu, Thailand dan Indonesia berjuang keras untuk mencetak sebanyak-banyaknya gol demi menjadi juara grup. Hanya Vietnam, tim yang tak menemui kesulitan selama fase grup kemarin. Skuad berjuluk The Golden Stars Warriors itu tak pernah kalah dan tak pernah kebobolan. Kini, mereka berstatus sebagai juara grup B dan akan menantang runner-up grup A yakni Indonesia di babak semifinal.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Nah, lucunya, dari keempat tim tersebut, sebuah media asal Vietnam 24h.com.vn melempar kritiknya kepada skuad Garuda saja. Menurutnya, anak asuh Shin Tae-yong sebagai tim paling negatif di babak semifinal Piala AFF 2022 ini. Lebih miris lagi, media tersebut menganggap Indonesia tak memiliki kualitas untuk bersaing memperebutkan gelar Piala AFF tahun ini.

“Namun melihat realita, kualitas sepak bola Indonesia tidak benar-benar membuat mereka terlihat seperti penantang gelar. Dari empat semifinalis, mereka adalah tim dengan aspek permainan yang paling negatif,” tulis 24h.com.vn dalam pemberitaannya.

Agaknya, apa yang dikatakan media tersebut ada benarnya juga. Pasalnya, dari hal sepele seperti akurasi operan, skuad Garuda menjadi tim paling buruk di antara semi-finalis lainnya. Tingkat akurasi operan Timnas Indonesia sejauh ini hanya 70%. Sangat jauh berbeda dengan Malaysia 80%, Vietnam 85%, dan tertinggi Timnas Thailand 89%.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Selain itu, rasio peluang Timnas Indonesia untuk mencetak gol sangatlah sedikit. Tercatat, rasio peluang yang didapatkan skuad Garuda hanya 18%. Jumlah tersebut sebetulnya sama dengan Timnas Malaysia, hanya saja, skuad Kim Pan-gon berhasil menembak lebih banyak.

Meski demikian, media tersebut juga sadar bahwa Indonesia adalah tim yang berbahaya dan bisa saja meluluhlantahkan skuad Vietnam di kandangnya.

“Indonesia tahun ini imbang dengan Thailand, sehingga meski hanya finis kedua di Grup A, bukan hal yang bisa diremehkan. Belum lagi bermain tandang akan memberikan banyak tekanan bagi Vietnam, dengan antusiasme yang terkadang ekstrim dari fans Indonesia,” lanjut media tersebut.

Direncanakan, laga semifinal antara Indonesia vs Vietnam akan dilaksanakan pada sore hari ini pukul 16.30 WIB di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments