Timnas Indonesia

Pisah dengan Tokyo Verdy, Pratama Arhan Disarankan Hijrah ke Liga Thailand



NOBARTV NEWS – Pratama Arhan resmi berpisah dengan Tokyo Verdy. Eks pemain PSIS Semarang itu disarankan untuk hijrah ke oleh sebuah akun media sosial X (dulu twitter) ThaiFootballs.

Seperti yang diketahui, Pratama Arhan dipastikan mengakhiri kebersamannya dengan Tokyo Verdy pada musim ini. Bersama Verdy, Arhan sangat jarang mendapatkan kesempatan. Di musim 2023-2024, pemain dengan posisi fullback kiri ini cuma bermain dalam tiga pertandingan saja. Dua dari tiga pertandingan tersebut dilakoninya dalam ajang Emperor's Cup alias Piala Kaisar. Sementara satu laga lainnya ia lakoni pada ajang J2 League.

Hal yang sama juga ia rasakan di musim pertamanya. Alih-alih menjadi pemain andalan, pesepakbola yang tidak lama ini melangsungkan pernikahan itu justru cuma dijadikan sebagai alat marketing klub saja. Arhan lebih sering tampil ketika klub melakukan promosi atau beriklan. Sementara itu – di pertandingan resmi lainnya, ia tak pernah diandalkan.

Akibatnya, setelah Tokyo Verdy dipastikan promosi ke kasta tertinggi (J1 League) musim depan, Pratama Arhan mengambil keputusan besar dalam kariernya. Ia dipastikan tidak akan lagi bermain untuk klub asal ibukota Jepang itu. Dirumorkan, Arhan akan menyusul Asnawi Mangkualam Bahar ke Korea Selatan. Klub kasta tertinggi Suwon FC disebut-sebut berminat kepada pemain kelahiran Blora itu.

Akan tetapi, alih-alih mendapat dukungan untuk bermain di negara Asia Timur seperti Jepang atau Korea Selatan, sebuah akun media sosial bernama ThaiFootballs justru mendukung Arhan untuk hijrah ke Liga Thailand. ThaiFootballs memiliki alasan tersendiri mengapa mereka menciutkan hal tersebut. Secara khusus, ThaiFootballs menginginkannya untuk bermain bersama BG Pathum United.

ThaiFootballs menyebut BG Pathum tidak mempunyai pemain mumpuni di posisi bek kiri. Jika Arhan bergabung, maka kerja-kerja (skill) Arhan akan sangat bermanfaat bagi pemain BG Pathum lainnya seperti Cardozo, Fandi, hingga Teerasil Dangda.

Pisah dengan Tokyo Verdy, Pratama Arhan Disarankan Hijrah ke Liga Thailand
Pratama Arhan bermain untuk Tokyo Verdy

 

“Saya berharap BG Pathum merekrutnya (Pratama Arhan). Mereka tidak memiliki kedalaman yang baik untuk posisi bek kiri,” tulis ThaiFootballs.

“Lebih lanjut, jika lemparan ke dalam Arhan digabung dengan sundulan Cardozo, Fandi, Teerasil, maka akan jadi senjata yang mengerikan (bagi BG Pathum United),” lanjutnya.

Sementara itu, terkait rumor kepindahannya ke Suwon, hal itu pernah dibahas oleh media Korea Selatan Chosun beberapa bulan lalu.

“Eksklusif, Suwon FC membuat rekrutan Asia Tenggara pertama sejak didirikan, kemungkinan besar mereka akan merekrut pemain , bek Arhan,” tulis Chosun.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid