Timnas Indonesia

Minus Egy dan Witan, Berikut 6 Pemain Abroad yang Tersisa di Luar Negeri



NOBARTV NEWS – Hijrahnya Egy dan Witan ke kompetisi tanah air membuat kehilangan dua pemain abroadnya. Kini tersisa 7 pemain abroad – yang berstatus sebagai pemain Timnas Indonesia. Siapa saja?

Sebagaimana diketahui, Egy telah memutuskan untuk berlabuh ke klub promosi Dewa United. Namun sebelumnya, ia sudah memutus kontraknya dengan klub asal Slovakia ViOn Zlate Moravce di tengah-tengah even 2022 kemarin.

Beberapa minggu tanpa klub, Egy akhirnya melanjutkan karir sepakbolanya dengan membela klub tanah air. Berdasarkan pengakuannya, Egy memutuskan hijrah ke Dewa United karena minimnya menit bermain yang diberikan oleh klubnya. Tidak hanya di ViOn saja, Egy juga tak mendapatkan kesempatan bermain banyak di klub-klub sebelumnya seperti klub pertamanya di Eropa Lechia Gdansk.

“Yang paling utama adalah menit bermain. Setelah lima tahun di Eropa, saya akui menit bermain saya sangat sedikit. Saat di timnas Sea Games, saya juga sempat cedera. Pada momen itu, saya merasa mengalami penurunan, dan yang dibutuhkan adalah menit bermain,” kata Egy beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Manajemen Dewa United juga memberikan sinyal apabila ada klub luar yang tertarik pada saya, mereka tidak akan menghalangi, dan justru siap membantu saya kembali berkarir di luar Indonesia,” tambah pemain Timnas Indonesia.

“Saya sudah berbicara dengan manajemen Dewa United tentang rencana ke depannya. Saya pun yakin bila Dewa United akan semakin besar di kemudian hari,” pungkasnya.

Adapun Witan, pemain yang dijuluki ‘Baby Shark' itu memilih pulang ke tanah air karena faktor keluarga. Hal itu menjadi alasannya pindah ke klub ibu kota Persija Jakarta. Hal itu disampaikan Direktur Teknik AS Trencin Andrej Zacik melalui rilis resmi klub.

“Witan telah melihat kemajuan permainan selama beberapa bulan terakhir. Setelah kembali dari acara tim nasional, dia datang dengan persiapan yang baik,” papar Direktur Teknik Andrej Zacik pada laman resmi klub.

“Tetapi juga dengan permintaan agar kami melepaskannya karena alasan keluarga. Kami memutuskan untuk bertemu dengannya, kami juga berterima kasih atas pendekatannya dan berharap dia lebih sukses,” pungkasnya.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Maka daripada itu, dengan kembalinya dua pemain tersebut, Timnas Indonesia tinggal menyisakan 7 pemain saja di luar negeri. Mereka adalah Saddil Ramdani, Sandy Walsh, Jordi Amat, Asnawi Mangkualam Bahar, Shayne Pattynama, Elkan Baggott, dan Pratama Arhan.

Tiga di antara pemain tersebut berkarir di Eropa dan empat di antaranya bermain di klub Asia. Elkan Baggott bermain di kasta ke-tiga bersama Cheltenham Town dengan status pinjaman dari Ipswich Town. Sementara itu Shayne Pattynama berkarir di dengan Viking FK. Adapun Sandy Walsh, bek sayap kanan Timnas Indonesia itu berstatus sebagai pemain KV Mechelen di Liga Pro Belgia.

Empat pemain lainnya yang bermain di Asia yakni Jordi Amat (Johor Darul Takzim, Malaysia), Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia), Asnawi Mangkualam Bahar (Jeonnam Dragons, Korea Selatan), dan terakhir Pratama Arhan (Tokyo Verdy, Jepang).

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

8 Comments