Timnas Indonesia

Eks Pemain Timnas U-19 Sutan Zico dan Rendy Juliansyah Dicoret dalam TC Timnas U-22 Tahap Pertama



NOBARTV NEWS – Dua eks pemain U-19 itu Sutan Zico dan Rendy Juliansyah tak masuk dalam kriteria Indra Sjafri untuk SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui, Indra Sjafri resmi mencoret 17 pemain dalam pemusatan latihan gelombang pertama. Pemusatan latihan tersebut sudah dimulai sejak 1 Maret 2023. Setelah melakukan pemusatan latihan yang memakan waktu sekitar satu mingguan itu, pelatih sekaligus Direktur Teknik PSSI resmi mencoret 17 nama dari 34 pemain yang mengikuti TC tersebut.

Menariknya, Indra Sjafri tak memandang darimana sang pemain berasal. Artinya, meskipun pemain tersebut bermain untuk klub Liga 1 yang kita tahu masih bermain dalam kompetisi, hal itu tak akan menjamin mereka untuk tetap menjadi pilihan Indra Sjafri. Asalkan masuk kriterianya, pemain asal Liga 2 pun akan tetap dibawa oleh sang pelatih.

Oleh sebab itu, ketika pencoretan 17 pemain kemarin, Indra Sjafri melakukan kejutan dengan mencoret dua eks pemain Timnas Indonesia U-19. Keduanya adalah Sutan Zico dan Rendy Juliansyah. Diketahui, Zico merupakan salah satu pemain muda yang sempat bersinar bersama Timnas U-19. Namun sayangnya, bermain untuk klub Liga 1 Persik Kediri, ia jarang mendapatkan turun dalam pertandingan bersama klubnya. Bahkan, di seleksi SEA Games 2023 ini, pemilik nama lengkap Sutan Diego Armando Ondriano Zico itu gagal bersaing dengan nama-nama lainnya.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Begitupula yang dialami oleh Rendy Juliansyah. Meski memiliki beberapa caps bersama klubnya yakni Persik Kediri. Bahkan sudah membuat satu gol dan tiga assist, hal itu tak menjamin Rendy dipertahankan oleh Indra Sjafri.

Dan ternyata, Indra memiliki kriteria khusus ketika merekrut pemainnya. Dikarenakan setiap tim hanya boleh mendaftarkan 20 pemain (SEA Games 2023) dan tanpa adanya pemain senior, maka Indra haruslah membawa pemain yang bisa bermain di dua posisi. Kriteria tersebut mau tak mau harus dilakukannya karena keterbatasan jumlah pemain yang boleh didaftarkan olehnya.

Setelah mencoret Zico, Rendy, dan 15 pemain lainnya, Indra akan kembali melakukan pemusatan latihan gelombang kedua dengan menambah jumlah pemain tersisa dengan pemain baru. TC gelombang kedua tersebut disebut akan selesai pada tanggal 16 Maret mendatang.

“Kami kembalikan ke klub pemain yang tidak terpilih, atau yang tidak lanjut. Terus, yang kita anggap kualitasnya masuk, kita lanjut TC sampai tanggal 16 Maret,” kata Indra.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Kami nilai mereka dari tiga kali uji coba, test fisik, psikologi, test IQ, dan lainnya, serta perkembangan progres mereka selama pemusatan latihan,” ujarnya memungkasi.

Termasuk Sutan Zico dan Rendy Juliansyah, Berikut 17 Pemain yang Dicoret dalam TC Timnas U-22 Gelombang Pertama:

  1. Hamzah Titofani Rvaldi – Arema FC

  2. Nick Numberi – Bekasi FC

  3. Liba Valentino – Persekat Tegal

  4. Rendy Juliansyah – Persik Kediri

  5. Rafly Gabriel H. Kapoh – Persik Kediri

  6. Sutan Diego A. Zico – Persik Kediri

  7. Zahran Fayyad – Persita Tangerang

  8. Kartika V. Putra – PSIS Semarang

  9. Indra Arya P. Wiguna – Persijap Jepara

  10. Zahran Rizki Alamsah – Persijap

  11. Lutfi Masrohan – Persijap Jepara

  12. Muhammad Fadhil – PSKC Cimahi

  13. Gilang Oktavana Putra – Deltras FC

  14. Hamsa Lestaluhu – Persis Solo

  15. Harberd Akhova Sokoy – Karo United

  16. Moh. Rifal – Persipal Palu

  17. Albertho Edwin Solossa – Farmel FC

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

7 Comments