Piala AFF

Skuad Terbaik Piala AFF 2022, Indonesia Cuma Kirim Jordi Amat



NOBARTV NEWS edisi ke-14 sudah selesai dilangsungkan. Timnas Thailand kembali mengukuhkan diri sebagai tim terbaik di Asia Tenggara. Untuk ke-tujuh kalinya, tim berjuluk Gajah Perang itu memenangkan gelar tersebut. Berikut daftar skuad terbaik Piala AFF 2022!

Daftar 11 pemain terbaik berikut dilansir dari laman fans sepak bola Asia Tenggara atau yang lebih dikenal dengan nama ASEAN FOOTBALL. Jadi, daftar berikut tidak bersumber dari penyelenggara dalam hal ini AFF. Adapun terkait formasi, ASEAN FOOTBALL menggunakan formasi 4-3-1-2.

Lalu, siapa saja 11 pemain terbaik tersebut? Apakah menyumbangkan pemainnya? Berikut daftarnya sesuai dengan posisi yang ditempatinya!

Penjaga Gawang: Dang Van Lam

Gawang Timnas Vietnam sangat aman ketika diperkuat oleh kiper keturunan Rusia Dang Van Lam. Sepanjang tampil di Piala AFF 2022 ini, Van Lam hanya dibobol di partai final saja. Selain itu, dari fase grup hingga babak semifinal, jala gawang Van Lam tersentuh sama sekali.

Di posisi penjaga gawang, Van Lam layak menjadi kiper terbaik turnamen tersebut.

Bek Tengah: Jordi Amat dan Pansa Hemviboon

Bek tengah Indonesia dan Thailand Jordi Amat dan juga Pansa Hemviboon layak menempati dua center bek terbaik di Piala AFF 2022 ini. Untuk Jordi, meski sang pemain baru melakukan debutnya bersama Timnas Indonesia, namun penampilan eks pemain Swansea City itu amat memukau. Amat selalu tampil di laga-laga penting dan ketika diturunkan ia pasti bermain penuh sepanjang pertandingan.

Adapun Pansa Hemviboon, bek Buriram United ini merupakan tembok kokoh bagi Thailand. Dari total 8 pertandingan yang dilakoni Thailand, Pansa selalu diturunkan sejak menit pertama. Ia hanya digantikan sebanyak dua kali yaitu ketika melawan Timnas Malaysia di babak semifinal.

Bek Sayap: Doan Van Hau dan Suphanan Bureerat

Bek sayap kiri Vietnam Doan Van menjadi nama yang bakal selalu diingat dari even Piala AFF 2022 ini. Meski kerap bermain keras dan memicu amarah dari musuh-musuhnya, namun harus diakui pula bahwa sang pemain juga tampil memukau. Satu gol dan dua assist berhasil ia persembahkan selama Piala AFF 2022.

Adapun Suphanan Bureerat, bek kanan Port FC ini tampil baik di sisi kanan pertahanan Thailand. Tak tergantikan di posisi tersebut, Suphanan berhasil menciptakan satu gol ketika Thailand berjumpa Filipina di fase grup.

Gelandang Bertahan: Theerathon Bunmathan

Tak sah dalam daftar 11 pemain terbaik ini jika tak memasukkan nama Theerathon Bunmathan. Kapten sekaligus pemain terbaik turnamen ini mengawal lini tengah Thailand dengan sempurna. Meski tak diperkuat Chanathip Songkrasin, Bunmathan mampu membimbing skuad Gajah Perang hingga juara.

Lewat 1 gol dan 6 assist, Bunmathan membawa negaranya menjuarai Piala AFF secara berturut-turut.

Gelandang Kiri: Sarach Yooyen

Dua gol dan satu assist sudah cukup membuktikan Sarach Yooyen pantas untuk masuk dalam daftar tersebut.

Gelandang Kanan: Hoang Duc Nguyen

Pemain yang tak pernah menghabiskan karirnya selain di klub Viettel FC ini sangat pas jika dimasukkan ke dalam 11 skuad terbaik Piala AFF 2022. Di turnamen ini, Hoang Duc mengemas satu gol dan dua assist.

Ia juga menjadi salah satu pemain yang membuat pertahanan Indonesia kocar-kacir ketika berjumpa di babak semifinal kemarin.

Gelandang Serang: Faisal Halim

Gelandang serang Selangor FC Faisal Halim menjadi satu-satunya pemain asal Malaysia yang masuk dalam daftar. Di even sepak bola dua tahunan ini, Faisal mencetak 4 gol ke gawang lawan-lawannya.

Striker: Teerasil Dangda dan Tien Linh Nguyen

Tien Linh Nguyen dan Teerasil Dangda menjadi dua striker mematikan sepanjang Piala AFF 2022. Menariknya, dua striker tersebut sama-sama keluar sebagai top skor karena mencetak gol dengan jumlah yang sama.

Masing-masing enam gol dicetak oleh bomber andalan Park Hang-seo dan Alexander ‘Mano' Polking itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments