Timnas Indonesia

Shin Tae-yong soal Kondisi Skuad Garuda Jelang Hadapi Filipina: Letih dan Lelah



NOBARTV NEWS – Skuad Garuda sudah tiba di Filipina sejak beberapa hari lalu. Mereka sudah bersiap jelang laga keduanya melawan Timnas Filipina. Sayangnya, dalam persiapannya itu, Shin mengabarkan sesuatu hal yang kurang baik terkait kondisi anak asuhnya. Kata Shin, skuad Garuda dalam keadaan lelah dan letih.

Sebagaimana diketahui, saat ini sedang mengikuti ajang 2026 zona Asia ronde kedua. Di ronde kedua tersebut, Marc Anthony Klok dkk tergabung dalam grup F bersama Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina.

Dari enam laga yang akan dimainkan skuad Garuda di fase grup tersebut, baru satu laga yang sudah dimainkan. Satu laga tersebut adalah melawan Timnas Irak di Basra International Stadium pada 16 November 2023. Mirisnya, di laga perdananya itu, skuad Timnas Indonesia dipermalukan dengan skor akhir 5-1. Skuad Garuda cuma mampu membalas lewat sepakan keras Shayne Pattynama di penghujung babak pertama.

Baca Juga:  Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi

Dan kini, usai kekalahan tersebut, para pemain dan rombongan sudah kembali terbang ke Filipina. Di Filipina, mereka akan melawan tuan rumah di Rizal Memorial Stadium. Sebelumnya, Filipina juga mengalami kekalahan di kandangnya tersebut. Mereka takluk dengan skor akhir 0-2.

Shin Tae-yong soal Kondisi Skuad Garuda Jelang Hadapi Filipina: Letih dan Lelah
Salah satu pemain Timnas Indonesia dalam laga versus Irak kemarin

Tapi sayangnya, menjelang laga melawan tuan rumah, sang pelatih Shin Tae-yong mengeluhkan sedikit kondisi anak asuhnya. Pria asal Korea Selatan itu menyebut anak asuhnya dalam keadaan lelah dan letih. Hal itu tak lepas dari perjalanan panjang yang dilakukan dari Irak ke Indonesia.

“Memang setelah pertandingan melawan Irak kami pindah ke Filipina. Seharian di jalan, jadi kondisi pemain letih dan lelah,” kata Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI.

Meskipun demikian, Shin akan mempersiapkan timnya semaksimal mungkin.

Baca Juga:  PSSI Kembali Lobi Heerenveen agar Mau Lepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas U23 Lagi

“Saya akan mempersiapkan tim dengan baik,” katanya menambahkan.

Lebih lanjut, kata Shin lagi, ia juga menyoroti rumput Stadion Rizal Memorial yang akan menjadi venue pertandingan nanti. Shin menyoroti kondisi rumput lapangan yang menggunakan sintesis alias bukan rumput asli.

“Seperti apa yang dilihat, rumputnya (Stadion Rizal Memorial) bukan asli, tetapi sintetis. Jadi kami fokus latihan pemulihan dan sekaligus latihan biar pemain cepat adaptasi dengan rumput sintetis,” ucapnya memungkasi.

Hal yang sama juga menjadi sorotan salah satu pemain Timnas Indonesia yakni Rafael Struick. Namun Rafael blak-blakan menyebut rumput stadion tersebut sangat buruk.

“Di Belanda banyak lapangan yang menggunakan rumput sintetis. Namun, bukan tidak menghormati, kualitas lapangan di sini (Rizal Memorial) sangat buruk,” kata Rafael Struick dalam sesi konferensi pers kemarin.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid