Timnas Indonesia

Segrup dengan Indonesia, Irak, dan Vietnam, Hajime Moriyasu: Kami Berada di Grup yang Sangat Sulit!



NOBARTV NEWS – Pelatih Jepang Hajime Moriyasu memberikan respons takjub dengan hasil drawing Piala Asia 2023 yang di mana bakal mempertemukan timnya, , Timnas Irak, dan terakhir Timnas Vietnam.

Sebagaimana diketahui, drawing Piala Asia 2023 sudah selesai digelar. Drawing tersebut dilakukan di Doha Qatar pada Kamis 11 Mei kemarin. Hadir dalam acara itu para pemimpin federasi sepakbola dan pelatih tim nasional. Erick Thohir, Shin Tae-yong, anggota Exco PSSI, dan seorang staf pelatih timnas Indonesia berada di sana. Dua Presiden yakni Presiden FIFA Gianni Infantino beserta Presiden AFC Salman bin Ibrahim Al Khalifa tak luput dari kehadiran. Menariknya, beberapa legenda tim nasional asal Asia hadir di acara ini. Salah satunya adalah legenda Timnas Korea Selatan dan Manchester United Park Ji-Sung.

Dalam drawing yang dilakukan, Timnas Indonesia yang semula berada di pot 4 dipisahkan dan bergabung dengan grup D. Tiga tim yang turut membersamai Timnas Indonesia di grup tersebut adalah Timnas Jepang dari pot 1, Timnas Vietnam pot 2, serta pot 3 yakni Timnas Irak.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Dari hasil drawing tersebut, sudah dipastikan Jepang merupakan kekuatan utamanya. Tidak hanya di level Asia, Jepang juga rutin setiap lima tahun mengirimkan tim nasionalnya ke pentas sepakbola terbesar di jagat raya yakni Piala Dunia. Di edisi terakhir Piala Dunia yaitu pada tahun 2022 kemarin, Timnas Jepang juga tampil di sana. Bukan sekadar tampil biasa, namun mereka sukses membuat kejutan. Takefusa Kubo dkk berhasil mengalahkan Timnas Jerman dan Spanyol di fase grup sehingga membuat mereka lolos ke babak 16 besar.

Dilansir dari rangking FIFA terbaru, Jepang menduduki peringkat pertama untuk negara asal Asia di posisi 20. Jadi, Jepang tidak hanya terbaik di grup D saja, namun mereka menjadi tim terbaik (berdasarkan peringkat FIFA) di turnamen ini.

Oleh sebab itu, laga melawan Jepang jelas marupakan laga menarik untuk ditunggu. Sejauh mana kekuatan duo Asia Tenggara yakni Timnas Indonesia dan Vietnam di hadapan negara asal Asia Timur ini. Mampukah skuad Vietnam – atau Indonesia mengimbangi kekuatan negara yang pernah menjungkalkan Spanyol dan Jerman itu?

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Meskipun diunggulkan, pelatih Jepang Hajime Moriyasu tidak besar kepala. Ia justru menyebut persaingan di grupnya sangat sulit. Padahal, di atas kertas Jepang jelas diunggulkan dibandingkan tiga tim lainnya.

“Saya merasa semua grup itu sulit, tapi menurut saya kami berada di grup yang sangat sulit. Banyak pelatih dari negara lawan yang tahu banyak tentang Jepang,” kata Hajime Moriyasu.

Hajime kemudian merespons salah satu pesaingnya di grup D yaitu Timnas Vietnam. Kata Moriyasu, pelatih Vietnam sangat mengenal Jepang.

“Vietnam memiliki (Philippe) Troussier, mantan pelatih tim nasional Jepang, dan menurut saya dia sangat mengenal Jepang, jadi saya akan mencoba mengungguli dia. Saya ingin mempersiapkan diri dengan baik,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid