Timnas Indonesia

Blak-blakan, STY Akui Buta Kekuatan Turkmenistan Jelang Laga Kualifikasi Piala Asia U-23



NOBARTV NEWS U-23 akan berhadapan dengan Timnas Turkmenistan U-23 dalam ajang Kualifikasi . Sayangnya, sang pelatih yakni Shin Tae-yong sendiri tidak mengetahui kekuatan lawan yang akan dihadapinya itu.

Seperti yang diketahui, skuad Timnas Indonesia U-23 yang tergabung dalam grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2023 akan berjumpa dengan dua tim di grup yang dihuninya itu. Dalam drawing beberapa minggu lalu, skuad Garuda berada di grup K bersama Timnas Turkmenistan U-23 dan Timnas Taiwan U-23.

Beruntungnya, bagi Timnas Indonesia U-23 – mereka akan bertindak sebagai tuan rumah untuk babak kualifikasi yang dilangsungkan di grup K ini. PSSI sendiri telah memilih Stadion Manahan Solo Jawa Tengah sebagai venue untuk seluruh pertandingan yang akan dimainkan di sana.

Adapun Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan itu resmi menunjuk 27 pemain untuk mengarungi ajang ini. Dalam daftar 27 pemain yang dibawanya, lima merupakan pemain abroad. Kelimanya adalah Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Elkan Baggott (Ipswich Town), Ivar Jenner (Jong FC Utrecht), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Marselino Ferdinan (KMSK Deinze).

Baca Juga:  STY Bongkar Alasan Skuad Garuda Tak Main Baik Lawan Uzbekistan

Para pemain yang dipanggil tersebut juga telah mengikuti pemusatan latihan sejak kemarin.

Tapi sayangnya, jelang laga versus Turkmenistan U-23 yang berlangsung tepat pada 12 September mendatang, Shin mengaku buta dengan kekuatan sang lawan. Padahal laga melawan Turkmenistan jelas lebih penting daripada laga vs Taiwan karena laga terakhir bisa menjadi penentu lolos tidaknya skuad Garuda ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Adapun laga melawan Taiwan U-23 akan dihelat lebih dulu yaitu pada Sabtu 9 September 2023.

“Dan untuk tim Turkmenistan, jujur masih belum terlalu paham permainan seperti apa. Tetapi pasti akan bisa dapat menganalisa tim Turkmenistan seperti apa,” kata STY.

“Setelah nonton laga Turkmenistan lawan Taiwan tanggal 6, setelah itu bisa menjelaskan lebih detail tentang Turkmenistan seperti apa. Jujur belum tahu. Karena saya baru saja sampai di Solo dan ini sama sekali belum tahu tentang kualitas rumput Stadion Manahan,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Netizen usai Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U23

Tiga punggawa Timnas U-23 dipinjamkan ke tim senior

Menariknya, tiga dari 27 pemain Timnas Indonesia U-23 diboyong sementara ke skuad senior. Hal itu lantaran skuad senior yang akan bermain di FIFA Matchday vs Turkmenistan beberapa di antaranya mendapatkan cedera. Tiga pemain senior yang tertimpa cedera adalah Yakob Sayuri, Yance Sayuri, dan Dimas Drajad.

Adapun tiga pemain U-23 yang diminta bergabung sementara ke tim senior tersebut adalah Dony Tri Pamungkas, Dzaky Asraf, dan Alfeandra Dewangga.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid