Intermezzo

Thailand Selamatkan Wajah Asia Tenggara di Partai Pembuka Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Timnas Thailand menjadi satu-satunya tim asal Asia Tenggara yang meraih kemenangan di laga perdana Piala Asia 2023. Secara tak langsung, Thailand tengah menyelamatkan wajah Asia Tenggara di even tersebut.

Seperti yang diketahui, saat ini, sedang berlangsung even sepak bola akbar bertajuk Piala Asia 2023. Dalam even sepak bola terbesar di Asia tersebut, empat negara ASEAN yakni Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia masuk dalam 24 peserta yang turut tampil. Menariknya, terakhir kali keempat tim tersebut bermain bersama di Piala Asia adalah pada tahun 2007 lalu. Saat itu, Piala Asia 2007 digelar di empat negara Asia Tenggara sekaligus yakni Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Hingga akhirnya, butuh 17 tahun lamanya – sejak 2007 untuk melihat langsung keempat tim Asia Tenggara tersebut tampil bersama lagi.

Sayangnya, ketika keempat negara Asia Tenggara itu kembali berlaga di Piala Asia tahun ini, hasil yang didapatkan mereka tidak semuanya indah. Dari ke-empatnya, hanya Timnas Thailand yang meraih hasil maksimal di laga perdana. Sisanya, Indonesia, Vietnam, dan Malaysia dihajar oleh lawannya masing-masing.

Pada laga perdananya di grup D Piala Asia 2023, Vietnam dipermalukan oleh Timnas Jepang dengan skor akhir 4-2. Sempat membuat kejutan dengan unggul 2-1, Nguyen Quang Hai justru dibungkam lewat tiga gol tambahan yang dilesakkan oleh tim Samurai Biru.

Thailand Selamatkan Wajah Asia Tenggara di Partai Pembuka Piala Asia 2023
mengalami kekalahan di laga perdananya atas Irak

Adapun Timnas Indonesia, tergabung di grup yang sama dengan Timnas Vietnam, anak asuh Shin Tae-yong itu dibantai oleh Timnas Irak. Sempat menyamakan kedudukan lewat kaki Marselino Ferdinan di menit ke-37, anak asuh Jesus Casas itu berhasil menambah dua gol lagi sehingga Singa Mesopotamia unggul dengan skor akhir 3-1 atas Timnas Indonesia.

Sementara Malaysia, skuad Harimau Malaya menjadi tim yang paling menderita di laga perdana Piala Asia 2023 ini. Ya, bagaimana tidak, anak asuh Kim Pan-gon itu menderita dengan skor akhir 4-0. Mereka tak mampu mencetak satu gol pun ke gawang sang lawan ketika berjumpa dengan Yordania.

Meski demikian, di antaranya banyaknya hasil buruk yang diderita oleh tim-tim asal Asia Tenggara itu, hal berbeda justru ditorehkan oleh Timnas Thailand. Thailand bagaikan sedang menyelamatkan wajah sepakbola Asia Tenggara karena pada malam kemarin, mereka sukses mengalahkan Timnas Kirgistan. Bertanding di Abdullah bin Khalifa Stadium, Thailand menang dengan skor akhir 2-0. Dua gol dari Thailand dicetak lewat brace Supachai Jaided. Stiker milik Buriram United itu melesakkan dua gol ke gawang Kirgistan masing-masing pada menit ke-26 dan 48.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid