Timnas Indonesia

Sudah Dibubarkan, Skuad Garuda Muda Akan Dikumpulkan Lagi pada Januari 2023



NOBARTV NEWS – Garuda muda telah selesai melakukan agenda pemusatan latihan di Eropa. Kemarin, mereka telah tiba di tanah air dengan berbagai catatan penting yang harus segera dievelauasi. Selema TC di Eropa, Garuda muda telah melakoni 11 pertandingan uji coba. Mereka akan kembali dikumpulkan menjelang Piala Asia U-20 dan 2023.

Diketahui, Garuda muda baru saja menyelesaikan seluruh agenda uji coba di Eropa. Sebetulnya, skuad Garuda muda belum akan pulang karena sesuai rencana awal, mereka akan mengikuti pemusatan latihan selama dua bulan. TC tersebut dijadwalkan akan selesai pada Desember 2022.

Akan tetapi, karena Shin harus menangani Timnas senior di 2022, maka PSSI meminta Shin untuk memangkas masa TC Garuda muda menjadi 24 November. Hal itu bertujuan agar Timnas senior bisa dipimpin langsung oleh Shin Tae-yong dalam pemusatan latihan yang direncanakan akan dilakukan di Bali.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

Adapun U-20, sekembalinya ke Indonesia, mereka langsung dibubarkan. Hanya tiga pemain yang kembali mengikuti TC yaitu Marselino Ferdinan, Muhammad Ferrari, dan Dzaky Asraf. Ketiga pemain muda itu diminta bergabung dengan Timnas Indonesia senior dalam TC jelang Piala AFF 2022.

“Alhamdulillah semua pemain dan ofisial telah tiba di Tanah Air dengan selamat,” jelas Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

“Setelah itu mereka akan kembali ke klub masing-masing untuk persiapan mengikuti kompetisi,” tambah eks pelatih Timnas Indonesia U-19 itu.

Adapun tujuan utama TC di Eropa kemarin adalah sebagai persiapan Garuda muda jelang tampil di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

Diketahui, even tersebut akan dihelat pada tahun depan dengan jarak pelaksanaan yang tak jauh berbeda. Garuda muda berhasil lolos ke Piala Asia U-20 setelah Marselino Ferdinan dkk finis sebagai juara grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Saat itu, Timnas Indonesia tergabung dengan Timnas Vietnam, Hongkong, dan Timor-Leste. Menariknya. Garuda muda menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

Dan di Piala Asia U-20 nanti, Timnas Indonesia resmi tergabung di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

Sedangkan di Piala Dunia U-20, Garuda muda dipastikan lolos sejak awal karena statusnya sebagai tuan rumah. Di Piala Dunia ini, skuad asuhan Shin Tae-yong ditargetkan untuk lolos dari fase grup. Salah satu upaya agar mereka lolos dari fase grup adalah dengan meningkatkan kualitas pemainnya. Salah satunya dengan melakukan TC seperti yang dilakukan beberapa waktu lalu. Selain itu, juga dengan menaturalisasi beberapa pemain muda seperti Ivar Jenner dan Justin Hubner.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid