Timnas Indonesia

STY Ingin Lobi Klub Sandy Walsh untuk Piala AFF 2022, Disebut Rela Terbang ke Belgia!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pelatih Shin Tae-yong disebut bakal ke Belgia guna bertemu dengan klub Sandy Walsh KV Mechelen. Rumor mengatakan bawah STY bakal melobi klub tersebut agar memberikan izin kepada Sandy Walsh untuk membela Timnas Indonesia di tengah liga yang masih berjalan.

Sebagaimana diketahui, Sandy Walsh dalam waktu dekat ini akan menjadi WNI. Tidak hanya dirinya, bek tengah Johor Darul Takzim Jordi Amat juga akan berstatus sebagai WNI paling telat pada bulan November ini. Bahkan, proses pengalihan kewarganegaraan atau biasa disebut naturalisasi ini tengah dikebut agar keduanya bisa membela Timnas Indonesia di 2022.

Piala AFF 2022 akan mempertemukan Timnas Indonesia dengan empat kontestan lain di grup A. Keempat kontestan tersebut adalah Timnas Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam. Di laga melawan Thailand dan Kamboja, Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah. Sedangkan di laga melawan Filipina dan Brunei, skuad Garuda akan melakoni laga tandang. Laga kandang – tandang ini dikenal dengan format round robin. Format ini terakhir kali AFF terapkan pada edisi 2018 lalu.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Di Piala AFF 2020 kemarin, Timnas Indonesia harus puas bertengger di posisi kedua setelah tumbang di partai final atas Thailand. Saat itu, skuad Garuda Indonesia kalah agregat gol 6-2. Meski demikian, permainan skuad asuhan Shin saat itu dipuja-puja oleh banyak orang. Lucunya, di fase grup Piala AFF 2022 ini, Timnas Indonesia bakal bertemu lebih cepat dengan juara bertahan tersebut. Dan untungnya, Indonesia kedapatan jatah sebagai tuan rumah.

Di edisi kali ini, Timnas Indonesia masih dengan target di edisi sebelumnya yakni keluar sebagai juara. Maka daripada itu, PSSI berencana untuk mempercepat proses naturalisasi tersebut agar kedua pemain itu bisa membela Timnas Indonesia. Sebab sebagaimana diketahui, batas terakhir pendaftaran pemain untuk even ini jatuh pada 20 November 2022.

Namun tidak seperti yang mudah dibayangkan, para pemain naturalisasi itu, meski sudah resmi menjadi WNI tidak serta merta bisa pulang ke tanah air. Terlebih mereka masih menjalani pertandingan penting bersama klub masing-masing. Tidak hanya Sandy, pemain abroad seperti Elkan Baggott juga diprediksi bakal kesulitan mendapatkan izin pulang ke Indonesia.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Maka daripada itu, untuk mempermudah izin tersebut, STY disebut bakal ke Belgia dalam waktu dekat ini. Kedatangan pelatih asal Korea Selatan itu sangat jelas, yaitu untuk meminta izin kepada klub sambil melakukan lobi agar diberikan kesempatan memulangkan Sandy sementara.

Rencana kedatangan Shin ke Belgia diungkap oleh Sandy Walsh sendiri.

“Saya berharap bisa melakukan debut sebelum Piala Asia di Qatar pada Juni 2023. Pelatih tim nasional (Shin Tae-yong) ingin saya berada di sana dalam hal apapun. Dia bahkan ingin mengunjungi Mechelen untuk bertemu dengan orang-orang klub di sini,” ujar Sandy Walsh beberapa waktu lalu.

“Saya merasa ada komunikasi yang baik antara Persatuan Sepak Bola Indonesia dengan KV Mechelen. Juga menyenangkan bahwa klub menyadari betapa berartinya kesempatan itu bagi saya,” tambahnya.

Meski sangat ingin membela Timnas Indonesia sebelum Piala Asia 2023, namun Sandy Walsh sadar bahwa Piala AFF bukanlah even yang masuk dalam kalender resmi FIFA.

“Piala AFF itu tidak termasuk (dalam kalender) FIFA jadi klub tidak wajib menyerahkan pemainnya,” tutup pemain kelahiran Belanda 14 Maret 1995 itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

13 Comments