Timnas Indonesia

Pelatih Slovakia Ungkap Alasan Pilih Indonesia sebagai Lawan Uji Coba di Spanyol

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pelatih Timnas Slovakia U-20 Albert Rusnak memiliki alasan tersendiri memilih lawan Arab Saudi, Jepang, dan Indonesia di turnamen mini Pinatar Arena di Spanyol. Bagi Rusnak, melawa tiga tim asal Asia itu sangat baik untuk mengevaluasi timnya sebelum tampil di 2023.

Sebagaimana diketahui, Slovakia menjadi satu dari lima perwakilan UEFA yang bakal tampil di Piala Dunia U-20 di Indonesia nanti. Selain Slovakia, ada Italia, Inggris, Israel, dan Prancis. Lolosnya Timnas Slovakia ke Piala Dunia U-20 tak lepas dari keberhasilan mereka mengandaskan tim muda Austria di babak play off.

Sama halnya seperti Indonesia yang mengikuti serangkaian pemusatan latihan dan juga uji coba demi persiapan Piala Dunia U-20, hal itu juga dilakukan oleh tim muda Slovakia. Bahkan secara khusus sang pelatih Albert Rusnak meminta kepada federasi sepak bola Slovakia agar anak asuhnya diikutsertakan dalam pemusatan latihan di luar Eropa. Jadi, Albert Rusnak mengincar tim-tim Asia untuk beruji coba. Namun untungnya, sebelum TC tersebut dilaksanakan, Slovakia mendapatkan undangan untuk ikut dalam turnamen mini Pinatar Arena – yang secara kebetulan diikuti oleh tiga tim asal Asia. Hingga kemudian, secara khusus Albert Rusnak meminta timnya berhadapan dengan tiga tim yang semuanya berasal dari Asia itu. Mereka adalah Indonesia, Arab Saudi, dan Jepang.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

“Saya mengajukan permintaan agar kami menjalani TC di luar Eropa pada November, atau setidaknya menghadapi tim yang bukan berasal dari benua Eropa. Ada tawaran dari Spanyol yang mengajak kami beruji coba melawan Jepang, Indonesia, dan Arab Saudi,” ujar Albert Rusnak.

“Sebetulnya ada Prancis dan Spanyol. Tapi Prancis tidak ingin beruji coba lagi dengan kami, karena sudah bertemu dua kali sepanjang tahun ini. Kami berencana menghadapi mereka pada Maret tahun depan. Kami juga berencana menghadapi tim asal benua Amerika.”

Dalam pernyataan berikutnya, Albert Rusnak menyebut laga uji coba melawan serta Jepang dan Arab Saudi akan sangat bermanfaat bagi timnya. Uji coba melawan tiga tim Asia itu akan dijadikan bahan evaluasi yang fantastis bagi timnya. Menurutnya, dua dari tiga tim yang akan dihadapi di Pinatar Arena ini juga akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

“Tiga pertandingan uji coba melawan Jepang, Indonesia, Arab Saudi akan menjadi bahan evaluasi yang fantastis. Setidaknya dua dari tiga tim ini akan tampil di Piala Dunia,” tambahnya.

“Indonesia tuan rumah, sedangkan Jepang berada di grup yang sama dengan Arab Saudi di Piala Asia. Keduanya (Jepang dan Arab Saudi) merupakan tim yang difavoritkan lolos dari fase grup,” papar Rusnak.

Albert Rusnak mengaku sudah mempelajari kekuatan ketiga calon lawan mereka kali ini. Lewat rekaman video pertandingan, Rusnak yakin timnya mampu untuk setidaknya mengimbangi kekuatan ketiga calon lawannya itu.

“Kami sudah mempelajari rekaman video pertandingan ketiga tim itu. Saya ingin melihat apakah kami akan bisa mengimbangi mereka. Jika kami mampu melakukannya, maka persiapan berjalan dengan baik,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid