Timnas Indonesia

Kapten Timnas U-17, Iqbal Gwijangge Dapat Beasiswa ke Klub Hungaria Puskás Akadémia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Setelah gagal melangkah ke Piala Asia U-17 2023, kabar terkait Arkhan Kaka dkk lenyap begitu saja. Namun baru-baru ini, kabar baik muncul dari salah satu punggawanya. Adalah Iqbal Gwijangge, bek tengah sekaligus kapten U-17 mendapatkan beasiswa dari salah satu klub Hungaria Puskas Akademia.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-17 menjadi salah satu kelompok umur yang paling menonjol di tahun 2022 kemarin. Setelah Timnas U-23 gagal di SEA Games dan Timnas U-19 tersingkir di U-19, skuad Timnas U-17 muncul sebagai pahlawan. Iqbal Gwijangge dkk berhasil merengkuh gelar juara Piala AFF U-17 2022.

Gelar tersebut merupakan gelar kedua yang pernah didapatkan Timnas U-17. Di tangan pelatih lokal Bima Sakti, Timnas U-17 keluar sebagai juara setelah bermain keras dengan Timnas Vietnam. Saat itu, Timnas U-17 menang dengan skor tipis 1-0.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Namun sayang, beberapa bulan kemudian, Timnas U-17 gagal melaju ke turnamen yang lebih bergengsi. Di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Nabil Asyura dkk hanya menempati posisi runner-up di bawah Timnas Malaysia. Sementara itu, hanya juara grup lah yang berhak meloloskan diri ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Setelah kegagalan itu, kabar terkait Timnas U-17 hilang begitu saja. Kegagalan itu tertutupi oleh even Timnas senior di Piala AFF 2022. Namun sayang, Timnas senior pun dipastikan gagal merengkuh gelar Piala AFF 2022 setelah tumbang di babak semifinal atas Vietnam.

Di saat kesedihan masih menyeruak karena kegagalan Timnas Indonesia itu, muncul kabar baru terkait Timnas U-17. Sang kapten yakni Iqbal Gwijangge mendapatkan beasiswa untuk belajar di salah satu klub Hungaria Puskas Akademia. Berkat kerjasama antara PSSI dan pihak klub, Iqbal akan menimba ilmu sepak bola di sana hingga bulan Juli mendatang.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Direktur Puskas Academy, Dezso Liszkai mengirimkan surat undangan tersebut kepada PSSI. Tak hanya Iqbal, dalam surat tersebut, Deszo juga menyebut salah satu pemain lainnya yakni Eriko Sulastiano. Untuk diketahui, Eriko merupakan pemain asal Persib U-17.

Menariknya, undangan yang diberikan pihak Puskas Akademia ke Iqbal dan Eriko merupakan kali pertama untuk pemain dari luar negeri. Jadi, dalam beberapa kurun ke belakang, Puskas Akademia hanya mengundang pemain asli Hungaria saja.

Kesempatan ini tentu sangat berharga bagi Iqbal dan juga Eriko. Karena sebagaimana diketahui, Puskas Akademia merupakan klub yang cukup diperhitungkan di sana. Klub yang didirikan pada tahun 2005 ini bermain di divisi utama Liga Hungaria atau Nemzeti Bajnokság.

Dari total 12 tim yang bermain di kasta tertinggi Liga Hungaria tersebut, di musim ini, Puskas Akademia bertengger di peringkat keempat dengan torehan 25 poin.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments