Timnas Indonesia

Jadwal Timnas Terlalu Padat, Erick Thohir Berencana Turunkan Tim Pelapis di Piala AFF U-23



NOBARTV NEWS – Tidak hanya tim senior saja, skuad U-23 juga memiliki agenda padat pada tahun ini. Untuk mengantisipasi kebosanan para pemain, Erick Thohir berencana untuk menurunkan tim pelapis di salah satu even yang akan diikuti oleh skuad Garuda muda tersebut.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Indonesia senior dipastikan tidak akan dinahkodai oleh pelatih yang sama. Sebelumnya, Shin Tae-yong adalah pelatih untuk dua kelompok umur tersebut. Namun setelah PSSI dalam hal ini Erick Thohir melakukan pertemuan empat mata dengan Shin Tae-yong, maka diputuskan lah STY tidak akan menjadi pelatih untuk dua kelompok umur tersebut lagi.

Kepastian untuk tidak melatih dua tim nasional sekaligus diumumkan Erick Thohir usai skuad Garuda meraih medali emas SEA Games 2023. Dan kini, STY dipastikan akan tetap menukangi tim senior – sedangkan U-23 bakal dipegang oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Bersama Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri akan menukangi mereka dalam tiga even penting. Tiga even tersebut adalah Asian Games 2022 (dilaksanakan 2023), Kualifikasi 2023, dan U-23 2023. Dan secara kebetulan, tiga even tersebut dimainkan dalam waktu yang sangat berdekatan. Oleh sebab itu, Erick ingin di salah satu even tersebut skuad Garuda diperkuat oleh pemain pelapisnya. Even yang dimaksud adalah Piala AFF U-23 2023.

“Yang pasti kalender timnas tahun ini berat sekali. Ada (Kualifikasi) AFC U-23, kemudian AFF U-23 di Thailand, ada Asian Games, ada ,” kata Erick Thohir dilansir dari laman resmi Bolasport.

Lebih lanjut, kata Erick lagi, ia akan melakukan pertemuan dengan Badan Tim Nasional guna membahas agar satu pemain yang sama tidak dipaksakan untuk bertanding di tiga even sekaligus. Erick khawatir dengan pemain yang bisa bosan hingga mengakibatkan cidera.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Saya akan duduk lagi dengan badan tim nasional agar pemain jangan dipaksa main terus-menerus akhirnya bosan dan cedera. Kadang-kadang ada target kompetisi, ya kita cari pengalaman saja,” ujarnya menambahkan.

“Tapi ini tentu dengan strategi, bukan karena tidak mampu. Beda ya.”

Erick mengaku jadwal Piala AFF U-23 2023 yang dimajukan membuat dirinya terkejut. Semula even ini akan digelar pada 31 Oktober hingga 12 November 2023. Namun pada kenyataannya, even ini dimajukan ke tanggal 17-26 Agustus 2023.

“Saya belum rapat, terus terang ini agenda yang kadang-kadang saya sebagai ketua PSSI suka kaget-kaget gitu ya,” katanya menutupi.

Adapun di Piala AFF U-23 nanti, Timnas Indonesia dipastikan tergabung ke grup B bersama Timnas Timor-Leste U-23 dan Timnas Malaysia U-23. Sama seperti di SEA Games 2023 kemarin, di even ini skuad Garuda juga ditargetkan meraih gelar juara.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments