Timnas Indonesia

Shin Tae-Yong Tegaskan Dirinya Fokus Mengubah Sistem Sepak Bola Indonesia Dibandingkan Prestasi

Shin Tae-Yong Tegaskan Dirinya Fokus Mengubah Sistem Sepak Bola Indonesia Dibandingkan Prestasi
Shin Tae-Yong Tegaskan Dirinya Fokus Mengubah Sistem Sepak Bola Indonesia Dibandingkan Prestasi

NOBARTV NEWS – Pelatih baru yaitu Shin Tae-Yong mampu meyakinkan para masyarakat Indonesia agar dirinya bertahan lebih lama lagi di Indonesia.

Baru menjalani 1 kompetisi yaitu , Shin Tae-Yong langsung berhasil menjadi finalis dalam kompetisi tersebut namun sayangnya kalah dari Thailand di final Piala AFF 2020.

Kendati begitu, para masyarakat Indonesia yakin bahwa di suatu saat Shin Tae-Yong mampu membawa Timnas Indonesia menjadi juara.

Namun Shin Tae-Yong menegaskan bahwa dirinya lebih fokus untuk mengubah sistem di Timnas Indonesia dibanding meraih prestasi.

“Sebenarnya saya ke Indonesia untuk mengubah sistem sepak bolanya. Daripada terlalu menitikberatkan pada prestasi. Saya berpikir akarnya harus kuat, agar ke atasnya juga kuat,” ujar Shin Tae Yong.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Tidak bisa hanya membebankan prestasi di kancah senior kepada pelatih. Sebelum saya masuk, Indonesia adalah tim dengan rata-rata pemain tertua di Asia Tenggara. Tapi sekarang di tangan saya rata-ratanya 21,5 tahun. Tim seniornya rata-rata berumur 21,5 tahun. Saya benar-benar merekrut pemain-pemain muda,” ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

“Karena saya bukanlah orang yang akan terus berada di sana. Bagaimanapun saya harus menempa pemain muda dan mengubah sistemnya. Saya berusaha membuat tim dengan pemikiran seperti itu,” ujar Shin Tae Yong.

Terkait kesulitan dalam melatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong mengaku ada beberapa, termasuk masalah bahasa.

“Yang paling sulit adalah mengubah gaya hidup yang ada di negara itu. Dari segi perbedaan budaya, banyak yang harus saya ikuti untuk memahami mereka. Masalah dukungan dari pihak administratif. Ada juga kendala bahasa yang bisa membuat timbulnya kesalahpahaman,” ucap Shin Tae Yong.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Hal itu sangat bisa dimengerti, tanpa sistem yang bagus tentu Timnas Indonesia akan selalu mengalami kesulitan dalam bermain.

Dan itu langsung dirubah oleh Shin Tae-Yong, terbukti di beberapa pernyataan para pemain Indonesia dirinya mengaku kelelahan sejak awal Shin Tae-Yong datang dan kini para pemain sudah mulai terbiasa.

Sebuah pekerjaan yang bagus ditunjukkan oleh Shin Tae-Yong, semoga pelatih Timnas Korea Selatan tersebut bisa membawa Indonesia juara.

Yusril Gamin

Seorang pria yang sangat antusias dengan perkembangan sepak bola, hoby nonton film juga terlebih film The Pursuit of Happyness, liga weekend favorit nya adalah La Liga.