Timnas Indonesia

Menpora RI: Drawing Piala Dunia U-20 Digelar 1 April 2023



NOBARTV NEWS akan menjadi tuan rumah untuk 2023. Direncanakan, turnamen bergengsi tersebut akan dihelat pada pertengahan Mei tahun ini. Menpora RI Zainudin Amali memastikan babak drawing akan dilakukan pada awal April 2023.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akhirnya resmi menjadi tuan rumah untuk event besar ini. Seharusnya, Indonesia sudah selesai menjadi tuan rumah pada tahun 2021 lalu. Namun dikarenakan covid 19 melanda ke seluruh dunia, ajang tersebut pun harus diundur hingga tahun 2023 ini.

Sejauh ini, PSSI sudah menetapkan enam stadion yang akan dijadikan venue untuk even tersebut. Stadion-stadion tersebut adalah Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Stadion yang disebutkan di atas juga telah beberapa kali diinspeksi oleh perwakilan FIFA. FIFA datang untuk mengecek sejauh mana kesiapan stadion tersebut dalam menyelenggarakan even sekelas Piala Dunia U-20. Dari beberapa pantauan FIFA, Federasi Sepak Bola Tertinggi di Dunia itu meminta rumput Stadion GBK untuk diperhalus dan tribun penonton untuk diperindah demi memuaskan penonton ketika menyaksikan pertandingan. Saran-saran yang diberikan FIFA tersebut demi membantu Indonesia menjadi tuan rumah yang baik bagi even tersebut.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Sepanjang sejarah Piala Dunia U-20, baru kali ini Indonesia menjadi tuan rumah. Namun untuk wilayah Asia, Indonesia jadi negara ke-8 yang pernah menjadi tuan rumah untuk ajang internasional tersebut. Sebelumnya ada Jepang (1979), Australia (1981, 1993), Arab Saudi (1989), Qatar (1995), Malaysia (1997), Uni Emirat Arab (2003), dan Korea Selatan (2017).

Dikarenakan Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah, maka Marselino Ferdinan dkk dipastikan tergabung di grup A. Biasanya, grup A merupakan grup yang dihuni oleh tim tuan rumah. Tim tuan rumah sendiri berada di pot 1 bersamaan dengan tim-tim kuat lainnya dari berbagai penjuru dunia.

Nah, untuk drawing Piala Dunia U-20 sendiri akan dilakukan di Indonesia. Direncanakan, drawing tersebut akan dilakukan pada 1 April 2023. Hal itu sudah dikonfirmasi oleh Menpora RI Zainudin Amali kemarin.

“Drawing Piala Dunia U-20 1 April,” terang Amali.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Stadionnya tidak berubah, tetap di SUGBK, Jalak Harupat Bandung, Manahan Solo, GBT Surabaya, Jakabaring Palembang, dan Wayan Dipta Bali. Siapa yang main di sana di penyisihan, tentu kami belum tahu,” tambahnya.

Lalu, mengapa drawing dilakukan pada tanggal tersebut? Hal itu dikarenakan sampai saat ini, baru beberapa tim yang sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023. Wakil dari Asia dan Amerika Latin belum dipastikan karena kedua konfederasi tersebut masih melaksanakan seleksi lewat turnamen yang bernama Copa Amerika U-20 dan Piala Asia U-20.

Untuk Piala Asia U-20, empat semi-finalis dipastikan melangkah ke Piala Dunia U-20 2023. Meski demikian, walaupun nantinya Timnas Indonesia tidak mampu mencapai babak semifinal di Piala Asia U-20, namun skuad asuhan Shin Tae-yong itu tetap melaju karena statusnya sebagai tuan rumah.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

10 Comments