Timnas Indonesia

Menpora Ikut Bersuara soal Proses Naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, Apa Katanya?



NOBARTV NEWS – Menpora RI Dito Ariotedjo ikut angkat suara terkait kelanjutan proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

Sebentar lagi, akan tampil di 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Dalam even sepak bola tersebut, skuad Garuda akan memainkan dua pertandingan melawan tim yang sama yakni Vietnam. Dua laga melawan Vietnam akan digelar di dua tempat pada Maret mendatang. Pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta dan kedua di My Dinh Internasional Stadium alias markas Vietnam.

Sebelum laga ini digelar, PSSI dan Pemerintah RI sedang melakukan serangkaian proses naturalisasi kepada dua pemain keturunan yakni Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye. Keduanya sejak beberapa waktu lalu diproyeksikan untuk bisa debut dengan Timnas Indonesia di laga melawan Vietnam. Sebelumnya, PSSI dan Pemerintah RI sudah melakukan proses naturalisasi terhadap Jay Idzes. Oleh karena itu, tiga pemain keturunan naturalisasi kemungkinan akan bisa bermain dengan jersey Timnas Indonesia untuk pertama kalinya pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang.

Baca Juga:  PSSI Kembali Lobi Heerenveen agar Mau Lepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas U23 Lagi

PSSI melalui sang Ketua Umum Erick Thohir beberapa waktu lalu menyebut kedua pemain tersebut dipastikan sudah bisa debut dengan Timnas Indonesia.

“Yang pasti kami bersama dengan pak Sekjen (Yunus Nusi) dan pak Arya (Exco PSSI) akan mengurus proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bisa tuntas pada pertengahan Maret ini,” kata Erick 20 Februari kemarin.

“Sehingga mereka bisa tampil saat melawan Vietnam. Itu dulu (pemain) yang dinaturalisasi,” ucapnya menambahkan.

Sementara itu, Menpora RI Dito Ariotedjo juga ikut suara terkait proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Kemarin, orang nomor satu di Kementerian Pemuda dan Olahraga itu menjelaskan terkait progres naturalisasi keduanya. Dito menyebut proses naturalisasi tersebut saat ini masih terhenti sementara waktu. Hal itu dikarenakan DPR RI – yang menjadi pengurus proses tersebut sedang reses.

Menpora Ikut Bersuara soal Proses Naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, Apa Katanya?
Dito Ariotedjo menerima tamu di Kantor Menpora (sumber: IG @ditoariotedjo)
Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

“DPR masih reses,” ujar Dito Ariotedjo.

“Akan ada balik paripurna di Maret ya,” ucapnya menambahkan.

“Ini kita coba sedang koordinasi. Dan komunikasi. kemungkinan-kemungkinannya. Karena masih reses kan mereka (DPR).”

Adapun Arya Sinulingga selaku Exco PSSI, pihaknya kini sedang menunggu konfirmasi dari DPR RI. Reses DPR RI sendiri akan berakhir pada bulan Maret mendatang. Namun dari pihaknya, mereka akan mengajukan permohonan naturalisasi tersebut lebih cepat.

“Proses naturalisasi Ragnar dan Thom Haye sudah beres di pemerintah,” ucap salah satu anggota Komite Eksekutif Exco PSSI, Arya Sinulingga.

“Kami mau majukan ke DPR. DPR-nya reses hari ini sampai bulan Maret. Jadi memang tidak bisa kita salahkan siapa pun,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *