Timnas Indonesia

Erick Thohir Ungkap Alasan Timnas Indonesia Cuma Main 1 Kali di FIFA Matchday September 2023



NOBARTV NEWS – Timnas Turkmenistan adalah satu-satunya negara yang akan menjadi lawan di FIFA Matchday September mendatang. Ketum PSSI Erick Thohir mengungkapkan alasan di balik keputusannya itu.

Seperti yang diketahui, dalam waktu dekat ini – tepatnya pada bulan September 2023, Timnas Indonesia senior akan kembali beraksi dalam ajang FIFA Matchday.

Sebelumnya, pada tahun 2023 ini saja, Marc Anthony Klok dkk sudah bermain sebanyak empat kali dalan ajang serupa. Pertama, pada bulan Maret lalu, anak asuh Shin Tae-yong itu berhadapan dengan tim asal Afrika Burundi. Burundi didatangkan jauh-jauh dari Afrika hanya untuk meladeni tantangan Timnas Indonesia dalam dua pertandingan sekaligus. Kedua laga tersebut disajikan di satu tempat – yaitu di Stadion Patriot Candrabhaga Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat.

Dalam pertandingan pertamanya, skuad Garuda secara mengejutkan mengalahkan lawannya itu dengan skor akhir 3-1. Padahal, posisi skuad Garuda di rangking FIFA jelas lebih rendah dibanding lawannya itu.

Adapun di pertandingan keduanya, Timnas Indonesia hampir menelen kekalahan. Tapi beruntung, di injury time babak kedua, bek tengah naturalisasi Timnas Indonesia Jordi Amat membuat kejutan. Eks pemain Swansea City dan Rayo Vallecano itu memaksa Burundi bermain sama kuat 2-2.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Berlanjut beberapa bulan setelah itu, skuad Timnas Indonesia bertemu dengan dua tim tangguh. Laga bertajuk FIFA Matchday berikutnya dimainkan pada Juni 2023 kemarin. Di dua laga itu, skuad Garuda bertemu dengan Timnas Palestina dan Argentina.

Laga melawan Palestina tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya tanggal 14 Juni 2023. Di laga ini, skuad Timnas Indonesia bermain sama kuat 0-0. Adapun di laga melawan Timnas Argentina, tuan rumah Indonesia dipaksa menyerah dengan skor akhir 0-2. Dua gol dari juara dunia tersebut dikemas oleh gelandang Juventus Leandro Paredes dan bek tengah milik Tottenham Hotspur Cristian Romero.

Pasca bermain dalam empat laga FIFA Matchday di bulan Maret dan Juni tersebut, kemarin (Jumat 21/07), Erick Thohir kembali membuat pengumuman terkait laga FIFA Matchday berikutnya. PSSI telah memutuskan untuk mempertemukan skuad Garuda dengan Timnas Turkmenistan pada bulan September mendatang.

Berbeda dengan dua periode FIFA Matchday sebelumnya, pada September mendatang- skuad Garuda hanya bermain melawan Timnas Turkmenistan sebanyak satu kali dan tak ada lawan lainnya lagi.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Mengenai hal ini, Erick Thohir mengungkapkan alasannya. Kata Erick, di waktu yang berdekatan dengan kalender FIFA Matchday tersebut, di Indonesia, juga akan dimainkan laga Kualifikasi 2024. Kebetulan, pelatih yang akan menukangi tim senior dan U-23 adalah sosok yang sama yaitu Shin Tae-yong. Oleh karena itu, PSSI memutuskan untuk memberikan satu pertandingan bagi Asnawi dkk.

“Tentu kita tidak bisa mengisi FIFA Matchday secara seperti sebelum-sebelumnya, di mana bisa mengisi dua pertandingan,” kata Erick Thohir Jumat (21/07) kemarin.

“Karena kita mesti ingat bahwa kita ada tuan rumah AFC U-23 di Solo yaitu tanggal 9 dan 12 kita akan bertanding,” ujarnya menambahkan.

“Dan komposisi tim nasional pun banyak usia muda, di bawah U-23 seperti kalau kita lihat lawan Argentina. Artinya kita hanya akan mengisi satu pertandingan yaitu tanggal 8, lawan Turkmenistan itu nanti di Gelora Bung Tomo Surabaya,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Jadi hanya satu, tidak mengisi dua karena ada AFC U-23 karena kita juga harus pastikan pemain-pemain ini bisa tentu mengisi program-program pertandingan pada bulan September,” tutup Erick Thohir.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment