Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Hadapi Lawan Berkualitas sebelum SEA Games 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Sampai saat ini, persiapan untuk berlaga di SEA Games 2023 masih dalam tahap seleksi pemain. Namun direncanakan, persiapan tersebut akan berlanjut ke sesi uji coba. Kata sang pelatih Indra Sjafri, skuad Garuda akan melakoni lawan berkualitas sebelum tampil di turnamen tersebut.

Sebagaimana diketahui, dalam waktu yang amat dekat ini, Timnas Indonesia U-22 akan mengikuti even olahraga terbesar se-Asia Tenggara yakni SEA Games 2023. Even tersebut tidak hanya mempertandingkan olahraga sepak bola saja. Namun berbagai macam olahraga turut dipertandingkan di even tersebut.

Di edisi sebelumnya (SEA Games 2021 Vietnam), cabang olahraga sepak bola putra hanya mampu meraih peringkat ketiga. Takluk dari Timnas Thailand di partai semifinal, Rizky Ridho dkk menang atas Timnas Malaysia di perebutan tempat ketiga. Saat itu, Shin Tae-yong merupakan nakhoda Timnas Indonesia.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Namun untuk edisi kali ini, Indra Sjafri resmi ditunjuk oleh PSSI untuk menukangi Timnas Indonesia. Target yang diusung PSSI untuk even ini juga sudah sangat jelas. Emas alias juara adalah harga mutlak yang harus dibawa pulang Indra Sjafri ke Indonesia nanti.

Oleh sebab itu, sejak 1 Maret kemarin, Indra Sjafri telah memulai pemusatan latihan dengan memanggil 34 pemain. Pemusatan latihan tersebut bahkan sudah diakhiri dengan pencoretan 17 pemain. Jadi, pada hari ini, Indra resmi memulangkan 17 pemain dalam TC tersebut.

Akan tetapi, untuk diketahui, pemusatan latihan tersebut belumlah selesai. Masih ada pemusatan latihan gelombang kedua yang akan diikuti oleh mereka. Indra juga akan mengikutsertakan pemain lainnya dalam TC gelombang kedua tersebut.

Dan pada akhirnya nanti, TC tersebut akan disambung dengan laga uji coba sebagaimana pemusatan latihan pada umumnya. Jika berjalan sesuai rencana, sang pelatih Indra Sjafri ingin anak asuhnya dipertemukan dengan tim yang berkualitas.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Kata Indra, sang lawan haruslah lebih baik dari tim-tim yang akan dihadapi di SEA Games nanti. Berarti, bisa diartikan bahwa calon lawan harus lebih kuat daripada Timnas Vietnam, Thailand, hingga Malaysia.

“Lawannya juga lawan-lawan yang sepadan atau kualitasnya di atas tim-tim yang akan kita hadapi di SEA Games,” kata Indra Sjafri kemarin.

“Ya nanti saya akan bicara dengan PSSI mungkin hari ini saya juga sudah coba diskusi dengan beberapa tim (calon lawan),” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, kata Indra, uji coba tersebut kemungkinan besar akan dilakukan pada bulan April mendatang. Berarti, pada bulan Maret ini Indra hanya akan fokus kepada pemusatan latihan biasa.

“Karena kita butuh uji coba di bulan April nanti, apakah lokal atau tim dari luar lihat nanti,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

11 Comments