Piala Dunia 2022

Kenali Sosok Abdulrahman Al-Jassim, Wasit Pertama Asal Qatar di Piala Dunia 2022



NOBARTV NEWS – Qatar tengah bersuka cita, pasalnya mereka akan menyelenggarakan gelaran di November mendatang. Selain menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya, negara ini juga akan mewakilkan satu wasitnya dalam sejarah turnamen.

Adalah Abdulrahman Al-Jassim, pria asal Qatar yang secara resmi akan menjadi salah satu dari 36 wasit yang ambil bagian dalam acara sepak bola terbesar tahun ini Piala Dunia, pria Kelahiran 14 Oktober 1987 nantinya akan memimpin beberapa pertandingan di Piala Dunia November mendatang.

Profil Abdulrahman Al-Jassim

Kenali Sosok Abdulrahman Al-Jassim, Wasit Pertama Asal Qatar di Piala Dunia 2022
Abdulrahman Al-Jassim

Pria bernama lengkap Abdulrahman Ibrahim Al-Jassim ini lahir pada 14 Oktober 1987, meski masih berusia muda ia tercatat sudah memimpin beberapa laga penting selama berkarir di dunia perwasitan.

Tercatat Abdulrahman Al-Jassim telah menjadi wasit internasional penuh untuk FIFA sejak 2013. Dia adalah salah satu wasit untuk FIFA 2017 di Korea Selatan. Al-Jassim ditunjuk menjadi Video Assistant Referee untuk Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia.

Selain itu ia pernah memimpin pertandingan Final Asia AFC. Dengan sederet catatan tersebut jelas tak di ragukan lagi kiprah Abdulrahman Al-Jassim di dunia perwasitan.

Banyak Pihak Mendukung

Tampilnya Abdulrahman Al-Jassim sebagai salah satu wasit di gelaran Piala Dunia 2022 mendatang mendapat apresiasi dari banyak pihak, salah satunya adalah Editor Sepak Bola Timur Tengah Matt Monaghan.

“Al-Jassim mungkin masih muda di usia pertengahan tiga puluhan, tetapi dia sudah menjadi wasit FIFA selama hampir satu dekade sekarang,” Editor Sepak Bola Timur Tengah Matt Monaghan mengatakan kepada Football Now dikutip Sabtu.

“Ini adalah perjalanan nyata baginya. Ini bukan seseorang yang mendapatkan pertunjukan ini karena dia orang Qatar di Piala Dunia Qatar. Dia menjadi wasit Final Liga Champions AFC. Dia menjadi ofisial VAR di Piala Dunia 2018 dan menjadi wasit Final Piala Dunia Antarklub (tahun 2019).

“Ini bukan hal baru baginya. Ini menunjukkan bahwa ini adalah wilayah dunia yang berkembang dengan baik. Bagus bahwa Anda tidak hanya akan melihat pemain Qatar, tetapi juga wasit Qatar, dan saya yakin mereka semua akan tampil sangat baik.”

Cerita di Balik Kinerja Wasit Dalam Gelaran Piala Dunia

Beberapa momen Piala Dunia yang paling terkenal datang seputar keputusan wasit – dari kartu merah Zinedine Zidane di final Piala Dunia 2006 hingga wasit yang kecolongan gol Tangan Tuhan Diego Maradona pada 1986.

Bahkan, ada insiden Graham Poll yang memberikan tiga kartu kuning pada 2006 – tetapi tidak ada kartu merah untuk pemain Kroasia, Josip Simunic.

Berita utama akan dibuat lagi, tetapi dengan teknologi yang menawarkan uluran tangan dan profesionalisme yang terus meningkat dari para ofisial.

Ada harapan bahwa ini akan menjadi Piala Dunia di mana pria dan wanita yang memimpin pertandingan diam-diam melakukan pekerjaan mereka dengan baik di Qatar.

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola