Timnas Indonesia

Jadwal Padat Liga 1 Bikin Timnas Indonesia Tanpa Uji Coba jelang Hadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia



NOBARTV NEWS – Skuad Garuda tanpa melakukan laga uji coba jelang berlaga di 2026 zona Asia. Hal itu dikarenakan kompetisi domestik (Liga 1) sedang sangat padat-padatnya.

Seperti yang diketahui, skuad baru saja selesai bermain di ronde pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di ronde pertama ini, skuad Garuda dihadapkan dengan Timnas Brunei Darussalam. Laga melawan tim sesama Asia Tenggara itu dilakukan dalam dua pertandingan. Leg pertama dilakukan di Indonesia (Stadion Utama Gelora Bung Karno SUGBK Jakarta) dan leg kedua di markas Brunei Darussalam (Stadion Hasanal Bolkiah).

Secara agregat, anak asuh Shin Tae-yong itu menang dengan skor akhir 12-0. Enam gol dilesakkan di leg pertama serta enam gol lainnya di leg kedua.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia lolos ke putaran selanjutnya yakni babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Di babak kedua ini, Marc Anthony Klok dkk sudah ditunggu oleh tiga tim lainnya di grup F. Tiga tim tersebut adalah Timnas Vietnam, Timnas Irak, dan Timnas Filipina.

Adapun untuk waktu pelaksanaan babak kedua tersebut, rencananya dua laga akan dimainkan pada bulan depan. Laga tersebut adalah melawan Irak dan Timnas Filipina. Sesudahnya, empat laga lainnya akan digelar pada tahun depan (2024).

Jadwal Padat Liga 1 Bikin Timnas Indonesia Tanpa Uji Coba jelang Hadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia
Sandy Walsh beraksi bersama Timnas Indonesia

Laga perdana ini jelas amat penting bagi skuad Garuda. Selain melawan tim dengan peringkat terbaik di grup F tersebut, biasanya – laga perdana sangat menentukan mental anak asuhnya untuk bertanding di pertandingan kedua dan seterusnya.

Tapi sayangnya, untuk melawan tim sekuat Irak itu, ternyata, skuad Garuda tanpa persiapan. Artinya, anak asuh Shin Tae-yong itu tidak akan melakukan laga uji coba sebelum berduel dengan tim asal timur tengah tersebut.

Usut punya usut, tidak adanya laga uji coba tersebut dikarenakan kompetisi domestik Liga 1 sedang begitu padat-padatnya. Laga perdana kontra Irak akan digelar tepat pada tanggal 16 Nopember 2023. Sementara itu, di Indonesia, PT LIB masih menggelar kompetisi tersebut (Liga 1) pada tanggal 12 Nopember atau lima hari sebelum pertandingan melawan Irak.

Salah dua laga yang akan dimainkan pada tanggal tersebut adalah pertandingan antara Bali United versus Borneo FC dan Dewa United melawan PSM Makassar. Atas hal tersebut, PSSI menyebut tidak ada waktu untuk uji coba karena skuad Garuda Indonesia akan langsung berangkat ke Irak. Sebab di tanggal 13 mereka akan terbang ke Irak.

“Kami dari staf pelatih merencanakan berkumpul pada 12 November. Malamnya kami berkumpul,” kata asisten Shin Tae-yong yaitu Nova Arianto.

“Jadi tanggal 13 November pagi kami berangkat ke Irak,” katanya menambahkan.

“Kami langsung berangkat ke Irak karena 12 November masih ada yang bermain di liga, Dewa melawan PSM kalau tidak salah. Jadi kodisi itu yang bikin kami tidak bisa langsung berkumpul. Kalau diaspora langsung berkumpul di Irak.”

“Kalau uji coba tidak ada karena 16 November kami langsung bermain melawan Irak. Nanti 13 November saat kami sampai pun paling akan langsung menjalani latihan taktikal,” katanya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid