Timnas Indonesia

Tiga Hikmah Timnas Indonesia Batal Tampil di AFF U-23



Tiga Hikmah Timnas Indonesia Batal Tampil di AFF U-23
Egy mencoba keluar dari tekanan dua pemain Timnas Vietnam

NOBARTV NEWS dipastikan gagal mempertahankan gelar AFF U-23 akibat beberapa masalah dalam skuadnya. Namun, di balik itu semua, ada manfaat yang didapat oleh anak asuh Shin Tae-Yong itu. Apa saja?

Sebelum resmi memutuskan diri untuk mundur dari AFF U-23, PSSI menargetkan Timnas Indonesia untuk keluar sebagai juara. Berhubung banyak alumni AFF tahun lalu yang masih dipercaya, ditambah dengan beberapa debutan yang cukup menjanjikan, wajar jika PSSI meminta Timnas Indonesia keluar sebagai juara.

PSSI juga memiliki target agar status juara bertahan itu tetap menjadi milik Indonesia.

Sayang, kasus positif covid-19 dan beberapa pemain yang cidera membuat Timnas Indonesia mengubur mimpi tersebut.

Namun, ada hikmah di balik itu semua. Apa saja?

1. Pemain Lebih Fokus Membela Klub Masing-masing

Beberapa klub sempat mengeluh kepada PSSI dikarenakan banyak pemainnya yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia. Hal itu didasari karena liga sedang berjalan dan beberapa pemain ada yang terjangkit virus covid-19.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Persebaya sempat mengeluhkan hal tersebut dikarenakan banyak pemainnya dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday kemarin. Saat itu, Persebaya menyumbang lima nama sekaligus yakni Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan, dan Ernando Ari.

2. Pemain yang Dinyatakan Positif Covid-19 Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup

Tak tanggung-tanggung, ada tujuh punggawa Timnas Indonesia yang dinyatakan positif covid-19 ketika hendak menuju Kamboja.

Dengan batalnya Timnas Indonesia tampil di AFF U-23, mereka memiliki jeda yang cukup untuk memulihkan kondisinya kembali.

3. Fokus untuk

Dijadwalkan, Timnas Indonesia akan melakoni laga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni mendatang.

Dengan begitu, Shin Tae-Yong memiliki banyak waktu untuk melakukan perbaikan pada timnya.

Bukan hanya itu saja, Shin Tae-Yong bisa melakukan eksperimen baru sebelum datangnya babak kualifikasi tersebut. Dengan memadukan beberapa pemain yang sempat dipilih untuk AFF U-23 kemarin dengan beberapa pemain senior – atau bahkan pemain naturalisasi.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Sebelum kualifikasi nanti, Indonesia akan melakoni laga FIFA Matchday pada bulan depan. Kesempatan emas bagi Shin Tae-Yong untuk melakukan eksperimennya tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid