Timnas Indonesia

Program Naturalisasi PSSI Jadi Topik Bahasan Media Vietnam



NOBARTV NEWS – Proses naturalisasi yang sedang digodok PSSI menjadi topik bahasan sebuah media Vietnam.

Sebagaimana diketahui, saat ini, PSSI sedang fokus menaturalisasi dua pemain keturunan yaitu Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Sebelumnya lagi, PSSI sudah selesai melakukan proses naturalisasi kepada lima pemain.

Kelima pemain tersebut adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Bahkan, ke-lima pemain tersebut sudah sama-sama mencatatkan caps bersama senior begitu resmi menyandang status WNI (Warga Negara Indonesia).

Tapi sepertinya, ke-lima pemain tersebut dirasa belum cukup bagi sang pelatih Shin Tae-yong. Oleh karenanya, pelatih asal Korea Selatan itu pun meminta dua nama lainnya yang kemudian kita tahu bernama Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Jay dan Nathan pun sudah sama-sama bersedia mengikuti proses naturalisasi tersebut. Tak hanya itu saja, sebagai bentuk keseriusan keduanya, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On beberapa waktu lalu sudah datang ke Indonesia di waktu yang berbeda.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

Program Naturalisasi PSSI Jadi Topik Bahasan Media Vietnam
Salah satu pemain naturalisasi Timnas Indonesia Shayne Pattynama

Kedatangan tersebut tentunya adalah sebuah bentuk keseriusan pemain muda yang kini sama-sama merintis karier sepakbolanya di luar negeri itu. Diketahui, Jay saat ini bermain untuk klub Serie-B Venezia. Sementara Nathan, sang pemain berkarier untuk klub divisi kedua (EFL Championship) Swansea City.

Kemungkinannya, kedua pemain ini bukanlah sebagai nama terakhir yang akan diproses menjadi WNI. Pasalnya, PSSI disebut-sebut sedang berencana untuk mendatangkan pemain keturunan dengan grade A alias terbaik. Nama-nama seperti Emil Audero (Inter Milan) hingga Kevin Diks (FC Copenhagen) digadang-gadang akan segera mengikuti jejak Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Rupanya, proses demi proses naturalisasi pemain yang dilakukan PSSI ini menjadi sorotan dari media asal Vietnam. Dalam pemberitaannya, media Vietnam The Thao 247 merincikan beberapa nama pemain Timnas Indonesia yang sudah lebih dulu merampungkan proses naturalisasinya.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

“Saat ini di timnas Indonesia banyak ditambahkan pemain asing untuk memperkuat kekuatannya,” tulis The Thao 247.

“Seperti Elkan Baggott (asal Inggris), Marc Klok (asal Belanda), Jordi Amat (asal Spanyol), Sandy Walsh (asal Belgia),” tambah media tersebut.

Pemberitaan yang disampaikan media tersebut tak lepas dari jadwal pertemuan kedua negara. Diketahui, pada 2026 zona Asia ronde kedua, Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam akan saling menghabisi di grup F. Oleh karenanya, media tersebut menyebut proses naturalisasi ini sebagai salah satu bentuk persiapan PSSI jelang pertemuannya dengan Vietnam.

“Bersaing dengan Vietnam, timnas Indonesia lebih banyak melakukan naturalisasi pemain Eropa,” tutup media tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid