Timnas Indonesia

Luis Milla Anggap Indonesia sebagai Negara Kedua, Harap Skuad Garuda Juara Piala AFF 2022



NOBARTV NEWS – Eks pelatih sekaligus pelatih Persib Bandung saat ini Luis Milla berharap skuad Garuda menjuarai 2022. Bagi Milla, Indonesia adalah negara keduanya setelah tanah kelahiran di Spanyol.

Diketahui, Milla pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia pada tahun 2017 hingga 2018. Hanya saja, Milla tak pernah mengarungi Piala AFF bersama Timnas Indonesia.

Satu-satunya turnamen yang pernah diikuti Milla adalah Asian Games 2018 bersama Timnas U-23. Sedangkan bersama Timnas senior, pelatih asal Spanyol itu hanya memainkan pertandingan persahabatan saja.

Di Asian Games saat itu, Milla berhasil membawa Stefano Lilipaly dkk hingga babak 16 besar. Sepanjang babak grup, penampilan skuad Garuda cukup memuaskan. Mereka berhasil mengalahkan China Taipei 4-0 di matchday pertama. Di matchday kedua, skuad Garuda sempat menelan kekalahan atas Palestina 1-2 namun berhasil bangkit di pertandingan ketiga dan keempat. Di pertandingan ketiga fase grup, Beto Goncalves dkk menumbangkan Laos 3-0 dan menang dramatis atas Hongkong 3-1 di pertandingan terakhirnya.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Hasil itu membawa Timnas Indonesia melenggang ke babak 16 besar (Asian Games 2018). Sayang, di babak gugur itu, anak asuh Luis Milla dipaksa menyerah oleh Uni Emirat Arab 3-4.

Kegagalan di even tersebut membuat Luis Milla didepak dari kursi kepelatihan. Sejak resmi berpisah dengan Timnas Indonesia, empat tahun lamanya Milla menganggur. Dan pada tahun 2022 ini, ia kembali ke Indonesia untuk menangani salah satu klub Persib Bandung.

Bagi Milla, petualangannya bersama Timnas Indonesia pada empat tahun lalu itu masih membekas sampai saat ini. Meski hanya satu tahun menukangi skuad Garuda, namun rasa cinta eks pemain Real Madrid itu sudah terpaut dengan tanah air ini. Bahkan, Milla mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara kedua baginya. Dan ia akan mendukung perjuangan Timnas Indonesia di level apapun yang diikutinya.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Saat ini, Timnas Indonesia sedang mengikuti ajang Piala AFF 2022. Sebagai orang yang pernah menjadi bagian dari skuad Garuda, Milla mendukung penuh perjuangan Witan Sulaeman dkk. Milla berharap penuh agar Timnas Indonesia keluar sebagai juara di even sepak bola terbesar se-Asia Tenggara itu.

“Tetapi saya tidak tahu bagaimana peluangnya. Yang jelas saya ingin Indonesia menjadi juara dan bagi saya Indonesia sudah dianggap sebagai negara kedua saya,” kata Milla.

Untuk diketahui, tiga punggawa Persib Bandung yang ditangani Milla turut serta membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Ketiganya adalah Marc Anthony Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto.

“Menurut saya, jika Timnas Indonesia bisa menjadi juara maka itu akan membuat pemain-pemain Persib yang membela timnas akan kembali dengan mentalitas yang bagus,” lanjutnya.

“Saya adalah pendukung Indonesia dan memiliki dua kesempatan bekerja di negara ini, saya merasa senang dengan orang-orang yang ada di Indonesia dan saya adalah pendukung dari Timnas Indonesia,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

30 Comments