Timnas Indonesia

Masih di Korea, STY Balik ke Indonesia pada 6 Oktober untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026



NOBARTV NEWS – Pelatih Shin Tae-yong masih berada di Korea Selatan ketika PSSI mengumumkan daftar 25 pemain untuk 2026 zona Asia kemarin. Kabarnya, sang pelatih akan segera pulang ke Indonesia pada tanggal 6 Oktober mendatang.

Diketahui, pada hari kemarin, PSSI telah mengumumkan daftar 25 pemain untuk tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Untuk bisa tampil di ajang sepakbola tertinggi di dunia itu, skuad Garuda akan memulainya lewat ronde pertama. Di ronde pertama tersebut, Timnas Indonesia akan berjumpa dengan Brunei Darussalam dalam pertandingan yang akan dilangsungkan dengan dua leg.

Leg pertama akan digelar pada Kamis 14 Oktober 2023 di Indonesia – tepatnya Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Adapun leg kedua disajikan pada Selasa 17 Oktober di Brunei – bertempat di Stadion Hassanal Bolkiah.

Baca Juga:  Pemain Irak Dukung Skuad Garuda Kalahkan Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Pemenang dari ronde pertama antara Indonesia versus Brunei Darussalam ini akan melaju ke ronde kedua grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Di ronde dua grup F tersebut salah satunya sudah ditunggu oleh Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina.

Oleh karenanya, untuk mempersiapkan skuadnya jelang laga melawan Brunei, pada hari Selasa kemarin, PSSI telah memanggil 25 pemain. Ke-25 pemain tersebut akan mengikuti pemusatan latihan lebih dulu yang direncanakan akan digelar pada 9 Oktober mendatang.

Adapun untuk saat ini, para pemain masih berada di klubnya masing-masing untuk menjalani beberapa pertandingan domestik. Menariknya, tak hanya pemain saja, namun sang pelatih sendiri yakni Shin Tae-yong juga masih terpantau berlibur di kampung halamannya. Shin direncanakan akan kembali dua hari sebelum TC hari pertama yakni pada tanggal 6 Oktober atau lusa.

“Coach Shin Tae-yong pulang ke Indonesia tanggal 6 Oktober 2023,” ujar asisten Shin Tae-yong, Nova Arianto Selasa kemarin (3/10/2023).

Baca Juga:  STY Minta Tolong ke AFC agar Laga Indonesia vs Irak Berjalan Bagus

“Pasti langsung pimpin persiapan Timnas Indonesia,” tambah pria yang juga mantan pemain Timnas Indonesia itu.

Menariknya, pada daftar 25 pemain yang dipanggil itu, seharusnya PSSI akan memanggil 26 nama. Hanya saja, satu pemain dilanda cedera sehingga pemain yang bersangkutan batal membela skuad Garuda. Pemain yang dimaksud adalah Ivar Jenner. Pemain muda FC Utrecht itu dilanda cedera ketika membela klubnya. Selain dirinya yang juga berstatus sebagai pemain abroad, seluruhnya mendapat panggilan dari Shin Tae-yong.

Sebut saja seperti Asnawi Mangkualam Bahar, Pratama Arhan, Elkan Baggott, Rafael Struick, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Saddil Ramdani, Jordi Amat, dan Marselino Ferdinan.

“Rencana 25 pemain dari rencana (awal) 26 pemain (yang dipanggil). Karena ada (satu) pemain yang cedera,” tutup Nova.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid