Timnas Indonesia

Lumat Myanmar 5 – 1, Garuda Muda ‘Tetap’ Gagal Melaju ke Semi-final Piala AFF U-19

TOPIK BERITA :


Lumat Myanmar 5 - 1, Garuda Muda 'Tetap' Gagal Melaju ke Semi-final Piala AFF U-19
Rabbani Tasnim

NOBARTV NEWS – Sempat tertinggal terlebih dahulu, Garuda muda sukses comeback ketika melawan Timnas Myanmar U-19 di laga pamungkas grup A. Bahkan, di babak pertama, U-19 cetak 4 gol lewat brace Muhammad Ferrari serta masing-masing satu gol dari Rabbani Tasnim dan Arkhan Fikri.

Dalam laga tersebut, Shin Tae-Yong menurunkan Hokky Caraka yang di laga sebelumnya (vs Filipina) tidak masuk starting line up. Hokky diduetkan dengan Rabbani Tasnim di lini depan. Begitu juga dengan bek andalannya, Kakang Rudianto. Kakang juga tidak masuk starting line up di laga melawan Filipina. Ia dipersiapkan untuk turun di laga terakhir melawan Myanmar. Di bawah mistar gawang, Cahya Supriadi belum tergantikan hingga matchday ke-lima ini.

Gol-gol yang dicetak Garuda muda di babak pertama sangat unik. Sisi unik yang dimaksud adalah dua gol yang dicetak oleh Muhammad Ferrari berasal dari skema dan proses yang mirip sekali. Bermula dari umpan tendangan bebas, Muhammad Ferrari sukses mencetak gol lewat sundulannya – dan itu terjadi juga di gol berikutnya.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Gol Arkhan Fikri lebih menggila. Gelandang Garuda muda itu melepas sepakan keras dari luar kotak penalti. Sang kiper sempat menepis bola – yang sayangnya bola tepisan tersebut memantul masuk ke gawang sendiri.

Rabbani Tasnim yang sebelumnya cetak hat-trick ke gawang Filipina tak mau ketinggalan. Menerima sodoran bola dari lini tengah, penyerang muda Borneo FC itu menang adu sprint dengan lini belakang Timnas Myanmar. Setelah itu, ia melepas tembakan keras ke sudut kiri atas gawang kiper Myanmar.

Skor 4 – 1 berakhir hingga turun minum. Di pertandingan lainnya di grup A, Thailand dan Vietnam bermain imbang 0 – 0.

Lima menit babak kedua dimulai, Shin Tae-Yong melakukan tiga kali pergantian pemain. Alfriyanto Nico masuk menggantikan Ferdiansyah, Rabbani digantikan Ronaldo Kwateh, dan bek sayap kiri Tata keluar diganti oleh Edgard.

Sang pencetak gol, Muhammad Ferrari mendapat kartu kuning karena melakukan pelanggaran. Shin Tae-Yong segera mengganti Ferrari usai ia mendapatkan kartu kuning tersebut. Kadek Arel mengganti bek milik Persija Jakarta itu pada menit ke-68.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Gol! Garuda muda kembali cetak gol kelimanya di menit ke-72 . Lewat skema serangan balik cepat, Ronaldo Kwateh berhasil menceploskan gol keduanya sepanjang turnamen. Timnas Indonesia U-19 unggul 5 – 1. Di pertandingan lainnya, untuk sementara, Timnas Thailand U-19 unggul 1 – 0 atas Vietnam.

Memasuki menit ke-78, di pertandingan lainnya, Vietnam berhasil menyamakan skor 1 – 1 dengan Thailand. Jika Vietnam dan Thailand bertahan dengan skor tersebut (1 – 1), kemenangan Timnas Indonesia malam ini tidak ada gunanya sebab meski poin ke-tiganya sama, namun Indonesia kalah head to head dari kedua tim tersebut.

Dan benar, Timnas Vietnam dan Thailand bermain imbang 1 – 1 hingga akhir laga. Dengan hasil tersebut, Indonesia dipastikan gagal lolos ke babak semifinal U-19 2022.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid