Timnas Indonesia

Kisah Marc Klok, Gelandang Enerjik yang Rela Berbohong Demi Main di Indonesia

TOPIK BERITA : β€’ β€’ β€’


NOBARTV NEWS – Ada kisah menarik dari Marc Anthony Klok sebelum memutuskan untuk menjadi WNI. Jadi, menjelang hijrah ke PSM Makassar pada tahun 2017 lalu, Klok rela berbohong kepada klub Presiden Dundee FC demi bermain di Indonesia.

Diketahui, karir awal sepak bola Klok pertama kali ia dapatkan di tim muda FC Utrecht U-19. Beberapa waktu berselang, Klok dipromosikan ke tim Utrecht U-21. Tak sempat membela tim senior, gelandang tengah yang kini membela Persib Bandung itu hijrah ke luar negeri untuk membela klub Skotlandia Ross County pada musim 2013-2014.

Di Skotlandia, Klok hanya sebentar. Ia lalu pergi meninggalkan Ross County pada musim 2014-2015 dan memilih untuk membela klub Bulgaria Cherno More. Hanya dua tahun di sana (Cherno More), pada tanggal 13 Juli 2016, Klok bergabung dengan klub Inggris Oldham Athletic.

Setahun di Oldham, Klok kembali ke Skotlandia guna membela Dundee FC. Di Dundee, Klok baru bermain sebanyak 2 kali sejak ia diresmikan pada 31 Januari 2017. Menariknya, belum satu tahun di Dundee, Klok muda merantau ke negara Asia yakni Indonesia. Tepat pada 15 April 2017, pemain kelahiran Amsterdam 20 April 1993 itu itu mengikat kontrak bersama klub asal Sulawesi PSM Makassar. Padahal, sang pemain saat itu masih terikat kontrak dengan Dundee FC.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Nasib baik pun didapatkan Klok di klub berjuluk Juku Eja itu. Ia menjadi andalan bagi PSM Makassar hingga pada akhirnya, di musim keduanya, Klok membawa PSM menjadi juara Piala Indonesia musim 2018-2019.

Lucunya, sebelum menginjakkan kaki di Indonesia untuk bermain di PSM, Klok sempat menelpon presiden klub Dundee FC. Sang pemain meminta untuk mengakhiri kontraknya dengan dalih tidak ingin bermain bola lagi dan memilih untuk mencari pekerjaan lain. Atas kesepakatan bersama, Klok dan Dundee akhirnya sepakat untuk mengakhiri kontrak yang seharusnya masih berjalan itu. Padahal pada kenyataannya, Klok sedang berbohong agar dirinya bisa bermain di Indonesia.

“Lalu saya bilang saya tidak ingin bermain sepakbola lagi dan mencari pekerjaan baru di Belanda. Dia bilang dia tidak bisa menghentikan saya dan kemudian membatalkan kontrak,” terang Klok.

“Kemudian saya pergi ke Belanda untuk mengambil barang-barang dan pergi ke Indonesia. Saya tidak menjawab telepon (bos),” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Dan kini, lima tahun sudah sejak ia bermain di Indonesia, Klok memutuskan diri untuk berpindah kewarganegaraan. Setelah mengajukan diri di PSSI lalu diteruskan kepada pejabat yang berwenang, Klok akhirnya resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia.

Setelah resmi (menjadi WNI), ia langsung dipercaya untuk masuk ke . Ia mendapatkan debutnya di timnas senior pada 1 Juni 2022. Ia telah tampil sebanyak 9 kali dan sukses membubuhkan 4 gol. 2 dari 4 gol yang sudah dicetak Klok ia dapatkan tatkala skuad Garuda turun di 2022 yang kini masih berjalan.

Namun sayang, di even tersebut (Piala AFF 2022) Timnas Indonesia dipastikan gugur usai tumbang di babak semifinal atas Vietnam dengan skor agregat 2-0.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments