Timnas Indonesia

Ketum PSSI Sebut Skuad U-23 sebagai Generasi Emas Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Ketum PSSI Erick Thohir menilai skuad Garuda muda saat ini sebagai generasi emas di masa mendatang.

Diketahui, Timnas Indonesia U-23 saat ini sedang bermain dalam ajang Kualifikasi 2024. Kebetulan, mereka menjadi tuan rumah untuk seluruh pertandingan yang dilangsungkan di grup K.

Bertindak sebagai tuan rumah di grup K tersebut, skuad Garuda muda berada di grup yang sama dengan Timnas Taiwan U-23 dan Timnas Turkmenistan U-23. PSSI sendiri telah memilih Stadion Manahan Solo Jawa Tengah sebagai venue untuk seluruh pertandingan yang dimainkan di grup tersebut.

Sejauh ini, baru dua dari tiga pertandingan yang sudah selesai digelar untuk grup K tersebut. Pertandingan pertama dimainkan oleh Timnas Taiwan U-23 versus Timnas Turkmenistan U-23. Lalu pertandingan kedua dimainkan oleh tuan rumah skuad Garuda muda vs Taiwan U-23.

Dalam dua pertandingan tersebut, Taiwan U-23 selalu menelan kekalahan. Alhasil, dari dua kekalahan yang dideritanya, Taiwan U-23 dipastikan angkat kaki dan tidak akan tampil di Piala Asia U-23 tahun depan di Qatar.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Kekalahan pertama yang didapatkan Taiwan U-23 berasal dari Turkmenistan. Dalam pertandingan yang dilangsungkan pada Rabu 6 September kemarin, Taiwan U-23 dipermalukan dengan skor akhir 4-0. Namun secara mengejutkan lagi, di laga keduanya kontra skuad Garuda Indonesia, mereka dikalahkan dengan skor yang jauh lebih besar.

Sembilan gol digelontorkan anak asuh Shin Tae-yong itu ke gawang Taiwan. Hasil tersebut membuat Ramadhan Sananta dkk cukup mencari hasil imbang ketika bersua dengan Turkmenistan U-23 pada esok malam (12/9).

Meskipun demikian, Shin Tae-yong diprediksi tak ingin anak asuhnya mendapatkan hasil imbang. Ia akan tetap menginstruksikan anak asuhnya untuk tampil sempurna dengan menciptakan kemenangan.

Bagi Shin, kemenangan adalah harga mati yang harus dibayar. Apalagi, dengan skuad mewah yang dimilikinya, Indonesia diprediksi bakal menggulung Turkmenistan U-23. Dengan demikian, mereka akan menciptakan sejarah dengan tampil untuk pertama kalinya di ajang Piala Asia U-23 tersebut.

Ya, di skuad Garuda saat ini, beberapa di antaranya merupakan pemain abroad. Tercatat, ada lima pemain abroad Timnas U-23 yang saat ini mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Tak hanya itu saja, untuk pemain lokal pun – mereka juga menjadi andalan bagi klub yang dibelanya.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Oleh karenanya, tak heran jika banyak orang yang menaruh harapan besar kepada para pemain ini. Mereka dianggap sebagai generasi emas skuad Timnas Indonesia di masa mendatang. Sebut saja seperti Pratama Arhan, Ivar Jenner, Rafael Struick, Elkan Baggott, Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, hingga Ernando Ari – seluruhnya merupakan pemain muda yang sangat berkualitas.

Sampai-sampai, Erick Thohir pun mengakui jika generasi Timnas Indonesia mendatang ada pada Marselino Ferdinan dkk.

“Kalau nanti pertandingan tanggal 12 lawan Turkmenistan hasilnya baik, nanti ke Qatar fokus lagi,” ujar Erick Thohir.

“Kalau ingin jadi tim Indonesia yang bisa dibanggakan. Ini saya bilang ini benar-benar generasi emas timnas Indonesia,” tambahnya.

“Kita lihat tadi babak pertama standarnya seperti tidak pernah kita lihat ya. Di babak kedua, masih bisa standar ya,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid