Timnas Indonesia

Stadion Manahan Solo Jadi Venue Semifinal dan Final Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – PSSI resmi menunjuk Stadion Manahan Solo sebagai venue semifinal dan final 2023.

Sebagaimana diketahui, pada tahun ini, di berbagai kelompok umur akan disibukkan dengan agendanya masing-masing. Untuk skuad Timnas Indonesia senior, anak asuh Shin Tae-yong itu akan tampil di beberapa laga FIFA Matchday dan 2026.

Sedangkan untuk Timnas Indonesia U-23, mereka akan tampil di U-23 2023 dan Kualifikasi 2024. Satu kelompok umur lainnya yaitu Timnas Indonesia U-24 juga akan berpartisipasi dalam ajang Asian Games 2022 (dimainkan tahun 2023).

Sementara untuk Timnas Indonesia U-17, anak asuh Bima Sakti itu bakal berlaga di ajang paling bergengsi yaitu Piala Dunia U-17 2023. Menariknya, dari sekian banyaknya agenda penting Timnas Indonesia di kelompok umur tersebut, Piala Dunia U-17 2023 merupakan agenda tersibuk bagi PSSI dan Timnas Indonesia.

Pasalnya, di even ini, skuad Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah. Tak hanya itu saja, yang membuat persiapan PSSI dan Timnas Indonesia begitu terburu-buru adalah karena kepastian Indonesia sebagai tuan rumah baru disampaikan FIFA pada Jumat 23 Juni kemarin.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Jadi, pada Jumat 23 Juni beberapa waktu lalu, FIFA lewat laman resminya telah mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah. Awalnya, Peru lah yang diminta sebagai tuan rumah. Akan tetapi, negara asal Amerika Latin itu dilanda beberapa masalah di dalam negerinya sendiri – seperti bencana alam hingga krisis ekonomi sehingga membuat Peru dinyatakan batal sebagai tuan rumah.

Begitu diperintahkan oleh FIFA sebagai tuan rumah, PSSI dan Pemerintah RI pun menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan. Salah satunya adalah terkait dengan venue pertandingan. Sejauh ini, dari keterangan yang disampaikan oleh Erick Thohir, PSSI telah menyiapkan delapan stadion sebagai venuenya. Enam stadion merupakan venue yang awalnya dipersiapkan untuk 2023 dan dua stadion lainnya merupakan tambahan.

Jadi, beberapa waktu lalu, Indonesia sejatinya bertindak sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 2023. Saat itu, PSSI menyiapkan 6 stadion sebagai venuenya. Tapi sayangnya, beberapa hari menjelang Piala Dunia U-20, FIFA membatalkan status Indonesia dan menunjuk Argentina sebagai penggantinya.

Tapi beruntungnya, meskipun batal sebagai tuan rumah, Indonesia masih dipercaya menjadi tuan rumah untuk ajang lainnya yaitu Piala Dunia U-17 2023. Dengan demikian, enam stadion awal yang sudah dipersiapkan yaitu Gelora Bung Karno Jakarta, Gelora Bung Tomo Surabaya, Manahan Solo, Jakabaring Palembang, Si Jalak Harupat Bandung, dan Kapten I Wayan Dipta Bali akan tetap digunakan.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Bahkan, PSSI telah menambah dua stadion lainnya yaitu Jakarta Internasional Stadium dan Pakansari Bogor. Di antara 8 stadion tersebut, PSSI sudah menentukan bahwa Stadion Manahan Solo yang akan dipakai untuk venue semifinal dan final Piala Dunia U-17 2023. PSSI memiliki alasan tersendiri mengapa memilih stadion tersebut. Kata PSSI yang diucapkan oleh Erick Thohir, Stadion Manahan sebelumnya sudah dipersiapkan sebagai venue Piala Dunia U-20 sehingga pihaknya merasa stadion tersebut jauh lebih siap untuk menjadi tempat dipertandingkan laga semifinal dan final Piala Dunia U-17 2023.

“Khusus untuk Kota Solo karena dulu sudah disiapkan untuk Piala Dunia U-20,” ujar Erick Thohir kemarin.

“Tetapi, tetap dicek ulang oleh FIFA. Kota Solo akan menjadi tempat semifinal dan final,” lanjut pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Karena itu, saya sampaikan tadi. Ini kota bersejarah. PON pertama diadakan di sini,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment