Timnas Indonesia

Pertama Kali dalam Sejarah, Indonesia Gelar Opening Ceremony untuk Piala Dunia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Indonesia bakal jadi tuan rumah untuk even 2023. Piala Dunia U-20 edisi ke-23 tersebut direncanakan akan dibuka dengan opening ceremony. Acara pembukaan ini merupakan kali pertama dilakukan oleh tuan rumah sepanjang even ini dilangsungkan.

Sebagaimana diketahui, even sepak bola Piala Dunia U-20 2023 akan dihelat pada Sabtu 20 Mei sampai 11 Juni 2023. Jumlah peserta yang akan tampil di even tersebut sebanyak 24 kontestan. Sejauh ini, baru 14 tim yang sudah memastikan diri lolos ke putaran final.

Tim-tim tersebut adalah Timnas Slovakia, Italia, Israel, Prancis, Inggris, Selandia Baru, Fiji, Amerika Serikat, Honduras, Guatemala, Rep. Dominika, Brasil, Uruguay, dan Indonesia. Indonesia sendiri lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 sebab berstatus sebagai tuan rumah.

Jadi, peringkat Indonesia di Piala Asia U-20 nanti tak akan memengaruhi status skuad Garuda muda. Meski nantinya Garuda muda tak lolos ke semifinal Piala Asia U-20, Marselino Ferdinan dkk tetap dinyatakan lolos. Namun, jika lolos ke semifinal Piala Asia U-20, maka jumlah wakil Asia di Piala Dunia U-20 akan bertambah menjadi 5 peserta.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Menariknya, di Piala Dunia U-20 edisi ke-23 ini, Indonesia memastikan diri akan memberikan suguhan meriah. Jadi, untuk pertama kalinya, Indonesia akan membuat opening ceremony untuk even ini. Hal itu disampaikan oleh Menpora RI Zainudin Amali beberapa waktu lalu.

“Khusus untuk Indonesia (tuan rumah), Presiden FIFA izinkan. Kebetulan saya yang datang langsung waktu itu di Doha, Qatar menjelang pertandingan final Piala Dunia antara Prancis dan Argentina,” kata Amali.

“Ini pertama sekali U-20 ada opening dan closing, tapi tetap kita akan jaga supaya tidak boleh lebih meriah dari yang senior (FIFA World Cup). (Pembukaan) itu sudah ditentukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno,” ujarnya menambahkan.

Indonesia sendiri telah menunjuk enam stadion sebagai venue Piala Dunia U-20 tersebut. Perwakilan FIFA sudah beberapa kali melakukan inspeksi kepada stadion-stadion tersebut. Enam stadion tersebut adalah Stadion Manahan di Solo. Kemudian Gelora Bung Tomo (Surabaya), Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Si Jalak Harupat (Bandung).

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Adapun untuk Timnas Indonesia U-20 sendiri, anak asuh Shin Tae-yong itu sudah memulai persiapan jelang tampil di even itu. Salah satunya adalah melakukan pemusatan latihan jangka panjang – dan juga dengan mendatangkan tiga pemain naturalisasi. Saat ini, ketiga pemain muda tersebut sedang diurus untuk menjadi WNI. Ketiganya ditargetkan sudah bisa membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023. Tiga pemain tersebut adalah Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

11 Comments