Timnas Indonesia

Asal Duit Tak Dikorupsi, Erick Thohir Sebut Indonesia Bisa Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2040

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Piala Dunia merupakan ajang sepak bola paling bergengsi di muka bumi. Hanya tim-tim terbaik yang berhak mewakili benua-nya masing-masing untuk tampil di turnamen ini. Hanya satu cara agar bisa bertanding di even tersebut tanpa harus mengikuti Kualifikasi terlebih dahulu. Dengan menjadi tuan rumah, tim selemah apapun berhak untuk mentas di even tersebut.

Piala Dunia edisi tahun ini diadakan di Qatar. Tanpa mengikuti kualifikasi seperti tim-tim lainnya, Qatar mendapatkan hak istimewa untuk tampil di even tersebut. Bahkan, Timnas Qatar menempati pos pertama bersama tim-tim terbaik lainnya.

sendiri masih jauh dari kata pantas untuk mengikuti turnamen ini. Skuad Garuda Indonesia harus lebih baik atau sebanding dengan tim-tim kuat Asia seperti Iran, Jepang, Korea Selatan, hingga Australia. Dengan demikian, Indonesia memiliki kesempatan untuk tampil di even tersebut. Indonesia tercatat pernah mengikuti even ini. Hanya saja, saat itu bukan nama Indonesia yang tercatat dalam sejarah melainkan Hindia-Belanda.

Dan di era modern ini, Timnas Indonesia dipastikan ‘hanya' bisa tampil di Piala Dunia ‘jika' menjadi tuan rumah. Sebab jelas, dengan melihat kualitas pemain kita saat ini, dan mengacu pada peringkat FIFA, Indonesia sangat jauh dari harapan untuk lolos ke Piala Dunia lewat jalur kualifikasi. Maka daripada itu, jalur tersebut menjadi satu-satunya jalan (tuan rumah) untuk Indonesia jika ingin dilihat oleh dunia.

Hal demikian diungkapkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir beberapa waktu lalu. Eks Presiden Inter Milan itu menyebut Indonesia bisa menjadi tuan rumah. Sebab berdasarkan pengakuannya, Indonesia memiliki dana untuk menggelar turnamen akbar tersebut.

“Kesiapan ada. Dana juga ada. Bukan pemborosan, tapi dana ada. Kemarin Pak Jokowi mengajukan Ibu Kota Negara (IKN) bidding tuan rumah Olimpiade 2036,” jelas orang nomor satu di Badan Usaha Milik Negara itu.

Erick menyebut Indonesia bisa mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia untuk tahun 2040 nanti. Namun katanya, hal itu bisa terwujud asal dana tersebut tidak dikorupsi.

“Kita akan mempunyai ibu kota baru, fasilitas yang makin bagus. Ekonomi kita masuk empat terbesar pada 2045. Jadi uangnya ada kok sebenarnya asal jangan dikorupsi. Jadi apabila 2040 Indonesia ikut bidding Piala Dunia bukan tidak mungkin,” tambahnya.

Lebih lanjut, Erick menekankan bahwa bidding tersebut bisa diajukan jika kualitas Timnas Indonesia memang sudah mendunia. Jadi, tak berarti apa-apa jika Indonesia menjadi tuan rumah namun kualitasnya masing seperti sekarang. Erick tidak mau Indonesia menjadi tuan rumah namun harus dipermalukan oleh lawan-lawannya di Piala Dunia nanti.

“Tapi sekarang yang paling krusial adalah timnasnya. Kami juga tidak mau menjadi tuan rumah tapi kalah sampai 0-7 di pertandingan pertama,” tutupnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

13 Comments