Piala Dunia 2022

Hasil Jepang vs Spanyol Piala Dunia 2022: Samurai Biru Permalukan Wakil Eropa Lagi



NOBARTV NEWS – Pertandingan antara Jepang versus Spanyol di matchday ketiga babak fase grup berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Jepang.

Jepang mempu membuat kejutan dengan mengalahkan tim kuat, Spanyol di Stadion Internasional Khalifa pada 2 Desember 2022.

Dua gol kemenangan Jepang di laga tersebut dicetak oleh Ritsu Doan dan Tanaka, sementara satu gol Spanyol dicetak oleh Morata.

Dengan kemenangan ini, Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Sementara itu, Spanyol tetap lolos ke 16 besar karena unggul daripada Jerman.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Spanyol bermain lebih percaya diri dan menguasai di babak pertama. Spanyol memaksa Jepang untuk tampil bertahan cukup dalam.

Karena tekanan-tekanan terus dilancarkan sedari menit awal, Spanyol tidak membutuhkan waktu lama untuk mencetak gol. Pada menit ke-11 Spanyol sukses mencetak gol melalui Alvaro Morata.

Mulanya, Alvaro Morata mampu lepas dari penjagaan bek Jepang, kemudian Morata sukses meneruskan umpan dari Azpilicueta untuk mencetak gol emlalui sundulan kepala. Skor pun berubah jadi 0-1 untuk keunggulan Spanyol.

Usai mampu unggul, Spanyol lebih percaya diri lagi dalam memainkan bola. Spanyol cukup dominan dalam hal penguasaan bola. Spanyol juga cukup bagus dalam membangun serangan melalui passing-passing pendek.

Di sisi lain, Jepang cukup kesulitan untuk keluar dari tekanan Spanyol di babak pertama. Bahkan, Jepang cukup kerepotan untuk membangun serangan dari lini belakang.

Setelah gol Morata, Spanyol hanya dominan penguasaan bola, praktis Spanyol tidak terlalu banyak dapat peluang lagi.

Hingga babak pertama usai, skor 0-1 untuk keunggulan Spanyol tidak berubah.

Babak Kedua

Di babak kedua, Jepang tampak mengubah gaya permainannya. Jepang memasukan beberapa pemain cepat seperti Ritsu Doan hingga Mitoma.

Hasilnya sangat bagus, Jepang mampu mencetak gol di menit-menit awal babak kedua usai menerapkan pressing tinggi. Gol balasan Jepang tersebut dicetak oleh Ritsu Doan usai mendapat ruang kosong untuk melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, skor berubah jadi imbang 1-1.

Setelah mampu menyamakan kedudukan, Jepang tampak lebih semangat dan meningkatkan intensitas serangannya. Hasilnya, Jepang kembali sukses mencetak gol.

Gol kedua Jepang tersebut dicetak oleh Ao Tanaka pada menit ke-51. Mulanya, gol tersebut dianggap tidak sah karena bola diduga sudah keluar lapangan, namun saat dicek wasit, gol tersebut disahkan, skor pun berubah jadi 2-1 untuk keunggulan Jepang.

Usai kemasukan dua gol dalam waktu cepat, Spanyol langsung bangkit dan mencoba kembali mendominasi. Spanyol langsung menerapkan pola permainan menekan dan memainkan pressing tinggi. Hasilnya, Spanyol mampu bermain menguasai lagi dan memaksa Jepang untuk tampil bertahan.

Spanyol sebenarnya mendapatkan beberapa kali peluang untuk membalas ketertinggalan di sisa menit babak kedua. Sayangnya Spanyol tidak bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Hingga babak kedua selesai, skor 2-1 tidak berubah, Jepang sukses kalahkan wakil Eropa, Spanyol.

Berkat kemenangan ini, Jepang mengakhiri babak fase grup Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup E, sedangkan Spanyol sebagai runner-up Grup E.

Susunan Pemain Sejak Menit Awal

Jepang: S Gonda, M Yoshida, K Itakura, S Taniguchi, A Tanaka, H Morita, Y Nagatomo, J Ito, D Maeda, D Kamada, T Kubo

Spanyol: U Simon, Rodri, P Torres, A Balde, C Azpilicueta, Gavu, P Gonzalez, S Busquets, N Williams, D Olmo, A Morata

Itulah ulasan jalannya pertandingan Jepang v Spanyol di matchday ketiga babak fase grup Piala Dunia 2022.

Ferdian Indarto

Seorang penulis artikel yang juga suka futsal dan nonton sepakbola, terutama Liga-liga top dunia. Liga favoritnya adalah liga Inggris dan pemain bintang favoritnya seorang Sergio Aguero.