Timnas Indonesia

Lima Pemain Timnas Indonesia Masih Cedera Jelang Hadapi Irak, Siapa Saja?



NOBARTV NEWS – Lima pemain masih dilanda cedera jelang laga melawan Irak dan Filipina bulan depan. Siapa saja?

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia berhadapan dengan Timnas Brunei Darussalam dalam ajang 2026 zona Asia ronde pertama. Di ronde pertama ini, Marc Klok dkk berhadapan dengan Brunei dalam dua pertandingan alias dua leg. Leg pertama digelar di Indonesia (Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta) dan leg kedua di markas Brunei Darussalam (Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan).

Beruntungnya, dalam dua pertandingan itu, skuad Garuda sukses memenangkan pertandingan. Di laga kandangnya, anak asuh Shin Tae-yong itu mengamuk dengan menciptakan enam gol tanpa balas. Begitupun dengan leg kedua. Leg kedua yang digelar di markas Brunei juga berakhir kemenangan bagi skuad Garuda. Lagi-lagi, Ramadhan Sananta dkk mengamuk dengan membuat enam gol lagi.

Alhasil, dengan kemenangan agregat 12-0 itu, skuad Timnas Indonesia dinyatakan lolos ke putaran kedua dan bersaing dengan tiga negara lain di grup F. Tiga tim yang akan menjadi lawan skuad Garuda di grup F tersebut adalah Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina. Dua dari enam pertandingan di ronde kedua ini akan digelar pada bulan depan.

Lima Pemain Timnas Indonesia Masih Cedera Jelang Hadapi Irak, Siapa Saja?
Salah satu pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan

Namun kini, yang menjadi masalahnya adalah menjelang dua laga tersebut, skuad Garuda dihantam badai cedera. Diketahui, sebanyak lima punggawa Timnas Indonesia dilanda cedera jelang laga penting tersebut. Padahal, seperti yang diketahui, laga melawan Irak bisa dikatakan sebagai laga penentu. Namun mirisnya, satu persatu punggawa skuad Garuda justru dilanda cedera. Siapa saja ke-lima pemain tersebut?

1. Ivar Jenner

Ivar Jenner sudah dilanda cedera sejak sebelum digelarnya Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde pertama kontra Brunei. Saat itu, Shin tak memanggil pemain muda Jong FC Utrecht itu karena cedera. Hingga berita ini dimuat, belum diketahui seberapa parah cedera pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu.

“Kalau untuk Ivar sampai saat ini belum ada update terbaru. Saya kurang tahu cederanya apa karena yang berkomunikasi itu salah satu staf kami ke klubnya Ivar,” kata asisten Shin Tae-yong Nova Arianto.

2. Yakob Sayuri

Sama seperti Ivar Jenner, Yakob juga batal bergabung dengan Timnas Indonesia di laga melawan Brunei karena sedang dilanda cedera. Dan hingga berita ini ditulis, Yakob juga tidak pernah bermain bersama klubnya PSM Makassar. Hal ini menandakan kalau sang pemain masih didekap oleh cedera.

3. Elkan Baggott

Elkan Baggott menjadi salah satu pemain abroad yang bergabung di laga kontra Brunei. Akan tetapi, ia hanya bisa bermain sebanyak satu pertandingan saja – karena menjelang leg kedua, pemain Ipswich Town itu dilanda cedera.

Cederanya bek tengah andalan Shin Tae-yong itu juga sudah dikonfirmasi oleh pelatihnya di Ipswich Town Kieran McKenna. Kabarnya, PSSI melalui tim media masih terus berkonsultasi dengan Ipswich Town perihal cedera yang diderita Baggott.

“Tim media kami sedang berkomunikasi dengan Ipswich Town untuk menanyakan kabar terbaru dari Elkan,” lanjut Nova Arianto.

4. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan mendapat panggilan dari Timnas Indonesia tatkala melawan Brunei beberapa waktu lalu. Sayangnya, gelandang serang KMSK Deinze ini tak pernah diturunkan. Ternyata, Marselino dibekap cedera sehingga dirinya tidak memungkinkan untuk dimainkan.

Kabar terbaru menyebut cedera Marselino semakin parah sekembalinya ia ke KMSK Deinze. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh pihak klub. Bahkan, kuat dugaan jika Marselino Ferdinan tidak akan bisa bermain di laga Timnas Indonesia bulan depan. Kabarnya, hasil MRI KMSK Deinze terkait Marselino akan dikirim ke PSSI dengan segera.

“Kami sedang menunggu MRI terbaru dari Marselino. Setelah ada hasilnya baru bisa kami putuskan apakah Marselino dibawa ke Irak atau tidak,” ucap Nova Arianto.

5. Sandy Walsh

Terbaru, bek sayap KV Mechelen Sandy Walsh mengalami cedera di pergelangan kakinya. Cedera tersebut didapat Sandy ketika turun di laga melawan Club Brugge tadi malam. Pergelangan kaki Sandy mengeluarkan darah usia melakukan benturan keras.

Disebutkan oleh sang pelatih Steven Defour bahwa tulang (kaki) Sandy Walsh kelihatan dari cedera yang didapatkannya itu.

“Kami dipastikan kehilangan dua pemain (salah satunya Sandy) untuk beberapa pertandingan ke depan,” kata Steven Defour.

“Cedera yang menimpa Sandy cukup parah, bisa dilihat tulangnya,” ucapnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid