Timnas Indonesia

Piala Dunia U-20 hingga Asian Games, Berikut 9 Agenda Timnas Indonesia di Tahun 2023!



NOBARTV NEWS – Setidaknya, ada 9 ajang penting yang akan diikuti oleh dari berbagai kelompok umur pada tahun 2023 ini. Apa saja itu? Berikut ulasannya!

1. Piala Asia U-20 Uzbekistan

Pada bulan Maret mendatang, skuad Garuda muda akan mengikuti ajang bergengsi Piala Asia U-20. Uzbekistan terpilih menjadi tuan rumah untuk ajang ini. Diketahui, Uzbekistan telah menetapkan dua kota sebagai tempat diselenggarakannya even tersebut.

Terdapat 16 tim yang akan bersaing untuk mengokohkan diri sebagai tim muda terbaik di daratan Asia. Adapun skuad Garuda muda, Marselino Ferdinan dkk tergabung di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

Pertandingan akan dimulai pada 1 Maret dan berakhir pada 18 Maret 2023.

2. FIFA Matchday Maret 2023

Selain ajang Piala Asia U-20 untuk skuad Garuda muda, tim senior juga memiliki agenda lainnya di bulan yang sama. Adalah FIFA Matchday, ajang internasional ini akan dihelat pada 20 hingga 28 Maret 2023.

3. Piala Dunia U-20 Indonesia

Tak hanya Piala Asia U-20, skuad Garuda muda juga akan mengikuti ajang paling bergengsi untuk kelompok umur U-20. Menariknya, ini akan dihelat di Indonesia sehingga Marselino Ferdinan dkk sudah dipastikan lolos ke putaran final.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Selain Indonesia, beberapa tim Eropa juga sudah dipastikan akan mengikuti ajang ini. Seperti Prancis hingga Israel. Direncanakan, ajang ini akan diselenggarakan pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

4. SEA Games 2023 Kamboja

Pesta olahraga antar negara Asia Tenggara atau SEA Games tahun ini akan dihelat di Kamboja. Sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang ikut dipertandingkan.

Untuk SEA Games ini, pemain tim nasional yang diikutsertakan merupakan punggawa U-23. Di edisi sebelumnya (SEA Games 2021 Vietnam), Timnas Indonesia finis di peringkat ketiga setelah memenangkan adu penalti dengan Timnas Malaysia.

Ajang ini akan dimulai pada 5 Mei dan akan ditutup pada 17 Mei 2023.

5. FIFA Matchday Juni 2023

Timnas Indonesia senior lagi-lagi akan memainkan ajang FIFA Matchday pada bulan Juni mendatang. Diharapkan, Timnas Indonesia mendapatkan lawan yang tangguh seperti yang sudah dilakukan pada FIFA Matchday sebelumnya (vs Curacao). FIFA Matchday pada bulan Juni ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 sampai tanggal 20.

6. FIFA Matchday September 2023

Bulan September 2023 akan menjadi kali ketiga Timnas Indonesia senior menjalani ajang FIFA Matchday pada tahun yang sama.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

7. Asian Games 2023 China

Asian Games layaknya SEA Games. Hanya saja, Asian Games meliputi seluruh negara Asia sedangkan SEA Games hanya untuk negara-negara di Asia Tenggara saja.

Dijadwalkan, pesta olahraga Asia ini akan dihelat di Hangzhou, Tiongkok pada 23 September dan akan berakhir pada 8 Oktober 2023.

8. FIFA Matchday Oktober 2023

Di bulan Oktober, Timnas Indonesia akan kembali bermain di FIFA Matchday. Pertandingan ini kemungkinan besar akan dihelat pada 9 sampai 17 Oktober 2023.

9. FIFA Matchday November 2023

Sebagai penutup, di tahun 2023 ini, skuad Garuda Indonesia akan mengakhirinya dengan laga FIFA Matchday yang akan digelar pada 13 hingga 21 November 2023.

Dalam 9 daftar di atas, tak masuk Piala Asia yang merupakan ajang terbesar sepak bola di benua Asia. Hal ini dikarenakan jadwal untuk ajang tersebut belum ditentukan kapan pelaksanaannya karena AFC selaku pihak penyelenggara baru memutuskan Qatar sebagai tuan rumah beberapa waktu lalu. Sementara itu, Qatar baru saja menjadi tuan rumah untuk .

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

8 Comments