Timnas Indonesia

Berubah Lagi! PSSI Pastikan Timnas Indonesia Berkandang di GBK dalam Piala AFF 2022, Sekjen Minta Diskon!



NOBARTV NEWS – Sekertaris Jenderal PSSI Yunus Nusi memastikan bahwa Stadion Gelora Bung Karno (GBK) bakal dijadikan kandang untuk 2022. Kepastian ini sekaligus memutuskan rumor sebelumnya yang menyebut skuad Garuda Indonesia bakal berkandang di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi.

Diketahui, Piala AFF 2022 bakal kembali ke format seperti tahun 2018 lalu. Saat itu, Piala AFF menggunakan sistem round robin. Round robin adalah sebuah pertandingan sepak bola yang memungkinkan setiap tim bertindak sebagai tuan rumah. Dengan demikian, dari 10 kontestan Piala AFF 2022, setiap tim akan kebagian jatah bermain di kandang sendiri.

Berhubung Timnas Indonesia berada di grup A bersama Timnas Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam, maka Marc Klok dkk dipastikan akan menjamu dua tim tersebut dan akan melakukan laga tandang ketika berjumpa dua tim lainnya. Dalam hal ini, skuad asuhan Shin Tae-yong dijadwalkan menjamu Timnas Thailand dan Kamboj. Sedangkan di laga melawan Brunei Darussalam dan Filipina, Timnas Indonesia akan melakukan laga tandang.

Baca Juga:  Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi

Namun, berbeda dengan sembilan tim lainnya yang sudah menentukan kandangnya, Timnas Indonesia justru telat. Sejak jauh-jauh hari, ke-sembilan tim tersebut sudah mengirimkan daftar stadion ke pihak AFF. Sedangkan Indonesia, kepastian (stadion kandang Piala AFF 2022) itu baru diumumkan pada Senin, 28 November kemarin.

Jadi, beberapa waktu lalu, PSSI sempat berencana untuk menjadikan GBK sebagai kandang Timnas Indonesia. Hanya saja, Menpora RI Zainudin Amali dengan tegas menolak karena stadion tersebut bakal digunakan sebagai venue 2023. Jadi, Menpora melarang seluruh kegiatan apapun dilangsungkan di 6 stadion yang bakal menjadi venue Piala Dunia U-20 – termasuk Stadion Gelora Bung Karno itu sendiri.

Namun beberapa saat lalu, tanpa diduga-duga, puluhan ribu orang yang mengatasnamakan diri Relawan Joko Widodo hadir di stadion GBK dalam acara “Nusantara Bersatu.” Hal ini menimbulkan kecaman dari banyak kalangan – termasuk suporter Timnas Indonesia sendiri. Mereka kesal karena Timnas Indonesia tak boleh berkandang di GBK namun pemerintah dalam hal ini Presiden RI tak dipermasalahkan ketika menggelar acara di sana.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

Berselang tiga hari setelah kecaman yang tak kunjung usai itu, PSSI akhirnya mengumumkan bahwa mereka diperbolehkan untuk menggunakan GBK sebagai venue Piala AFF 2022. Dengan demikian, stadion Patriot Candrabhaga Bekasi yang sebelumnya terpilih akhirnya diputuskan batal.

Dengan demikian, Marc Klok dkk dipastikan akan menjamu Timnas Thailand dan Kamboja di stadion kebanggaan masyarakat Indonesia itu.

“Untuk Piala AFF, home tanggal 23 [Desember] melawan Kamboja dan 29 [Desember] melawan Thailand kami rencanakan untuk menggunakan SUGBK. Kita tentu berharap Timnas [Indonesia] diizinkan bermain di sana,” terang Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Lebih lanjut, PSSI berharap agar pihaknya diberikan diskon oleh pengelola SUGBK ketika menggunakan stadion tersebut.

“Tentu kami juga berharap untuk diberikan diskon harga yang bagus untuk Timnas [Indonesia],” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments