Timnas Indonesia

Indra Sjafri Beberkan Kriteria Pemain yang Diambil untuk SEA Games 2023



NOBARTV NEWS – Pelatih U-22 Indra Sjafri menyebutkan kriteria pemain yang akan dibawanya ke SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui, tak lama lagi, SEA Games 2023 akan digelar. Dan di ajang multi olahraga se-Asia Tenggara itu, Timnas Indonesia yang diwakili oleh U-22 akan terlibat. Menariknya, bukan Shin Tae-yong yang akan menjadi pelatih Timnas Indonesia namun sang Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Sejauh ini, Indra sudah melatih 34 pemain dalam sebuah pemusatan latihan gelombang pertama. Pemusatan latihan tersebut dimulai sejak 1 Maret kemarin. Mayoritas pemain yang diminta untuk mengikuti pemusatan latihan tersebut merupakan punggawa Liga 2. Dikarenakan kompetisi sedang dihentikan, maka Indra pun terpaksa memanggil banyak pemain dari kompetisi tersebut. Hanya beberapa pemain dari Liga 1 yang mendapatkan panggilan. Itu pun karena mereka tidak bermain reguler di klubnya sehingga mereka mendapatkan panggilan tersebut.

Setelah ini, TC tersebut akan berlanjut dengan gelombang kedua. Akan ada pemain lain yang dipanggil lagi oleh Indra Sjafri. Sebab dalam waktu yang sangat mepet ini, Indra memiliki tugas berat untuk membawa Timnas Indonesia meraih gelar (SEA Games 2023). Terakhir kali gelar tersebut diraih pada tahun 1991 lalu.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Nah, kemarin, Indra membeberkan kriteria pemain yang akan dibawanya ke even tersebut. Kata Indra, ia lebih suka menggunakan pemain yang pandai pindah posisi. Artinya, Indra lebih menyukai pemain yang bisa bermain di berbagai posisi sehingga nantinya akan memudahkannya ketika menyusun tim.

Hal itu pula yang ditetapkannya ketika sesi internal game kemarin. Indra banyak melakukan percobaan kepada pemainnya. Pemain yang biasa bermain di satu posisi akan dimainkan di posisi lainnya.

“Ya (ada pindah posisi), jadi ada beberapa kemungkinan dari kita, melihat pemain yang ada, dan kita juga mulai mendesain dari sekarang,” ujar Indra Sjafri.

“Terus harus juga ada beberapa pemain yang bisa main di dua atau tiga posisi, karena tim hanya berjumlah 20 pemain,” ujarnya menambahkan.

“Jadi harus ada satu pemain yang bisa main di dua posisi, sekarang kita sudah desain itu.”

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Sementara itu, dari 34 pemain yang dipanggil kemarin, Indra berencana untuk mencoret banyak pemain. Lebih dari setengah pemain dari yang diikutkan dalam TC tersebut bakal dicopot.

Karena Indra ingin mempersiapkan pemainnya dengan matang dan hanya pemain yang memiliki kriteria baik lah yang akan bertahan. Terlebih, nantinya di SEA Games tersebut, setiap tim hanya boleh mendaftarkan 20 pemain saja. Belum lagi ditambah dengan pemain yang main reguler di Liga 1 yang akan bergabung belakangan.

Intinya, pemain yang dinyatakan lolos di gelombang pertama ini belum tentu akan terus menerus menjadi pilihan sang pelatih. Masih ada beberapa tahap seleksi yang harus diikuti oleh mereka.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments